Sunday, January 19, 2014

AKAR - BAB 2 KELAS 4 SD


Akar adalah bagian pokok di samping batang dan daun bagi tumbuhan yang tumbuh menuju inti bumi

SIFAT AKAR

  1. Merupakan bagian tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh ke pusat bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotrop), meninggalkan udara dan cahaya
  2. Tidak berbuku-buku, jadi juga tidak beruas dan tidak mendukung daun-daun atau sisik-sisik maupun bagian-bagian lainnya
  3. Warna tidak hijau, biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan
  4. Tumbuh terus pada ujungnya, tetapi umumnya pertumbuhannya masih kalah pesat jika dibandingkan dengan bagian permukaan tanah
  5. Bentuk ujungnya seringkali meruncing, hingga lebih mudah untuk menembus tanah


PERAN AKAR
 
Dari sifat yang ada Akar mempunyai peran  bagi tumbuhan:

  1. Untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya
  2. Untuk menyerap air dan garam-garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah
  3. Mengangkut air dan zat-zat makanan yang sudah diserap ke tempat-tempat pada tubuh tumbuhan yang memerlukan santo
  4. Pada beberapa macam tumbuhan ada yang berfungsi sebagai alat respirasi, misalnya tumbuhan bakau
  5. Pada beberapa jenis tumbuhan, ada yang berguna sebagai tempat menyimpan cadangan makanan atau sebagai alat reproduksi vegetatif. Misalnya wortel yang memiliki akar tunggang yang membesar, berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Pada tumbuhan sukun, dari bagian akar dapat tumbuh tunas yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Tumbuhan biji memiliki akar. Akar ini memiliki peranan penting untuk kelangsungan hidup tumbuhan 
Akar terdiri atas rambut atau bulu akar dan tudung akar.

  • Bulu akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah ke tumbuhan.
  • Tudung akar berguna untuk melindungi akar pada saat menembus tanah.

JENIS AKAR
Prinsipnya ada dua jenis akar, yaitu
1.      akar tunggang
2.      akar serabut.
Coba amati akar beberapa tumbuhan yang ada di sekitar rumah  apakah termasuk jenis akar serabut atau akar tunggang?
Apa perbedaan antara akar serabut dan akar tunggang?



Akar serabut adalah akar yang berukuran kecil-kecil yang tumbuh di pangkal batang. Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan monokotil. Walaupun kadang-kadang, tumbuhan dikotil juga memilikinya (dengan catatan, tumbuhan dikotil tersebut dikembangbiakkan dengan cara cangkok, atau stek). Fungsi utama akar serabut adalah untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan. Akar seperti ini dimiliki oleh tumbuhan, seperti  rumput, padi, jagung, tebu, dan bambu

Akar tunggang merupakan akar utama kelanjutan dari batang yang tumbuh lurus ke bawah, sedangkan akar-akar yang lainnya merupakan cabang dari akar tunggang. Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil.
  1. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan makanan. ( wortel, ubi dan sebagainya dalam bentuk umbi-umbian)
  2. Digunakan untuk menegakkan batang dan menyerap air fan mineral hara tidak untuk menyimpan cadangan Contoh tanaman mangga, jeruk, tomat, durian dll



Akar serabut tidak memiliki akar utama tetapi akarnya semua menyebar dan hampir sama ukurannya. Sementara itu, si akar tunggang justru sebaliknya. Ia memiliki akar utama dengan ukuran yang jauh lebih besar dari cabang akarnya. Pertumbuhannya pun tidak menyebar seperti pada akar serabut. Ia justru tumbuh jauh ke dalam perut bumi.
Meski memiliki perbedaan bentuk dan pola tumbuh, namun sama halnya dengan akar serabut, fungsi akar tunggang juga sebagai organ yang memperkokoh tanaman, penyerap air dan unsur hara dari dalam tanah, sebagai sarana reproduksi dan lain-lain. Hanya saja pada tumbuhan dengan akar tunggang patut ditambahkan fungsi lainnya yakni sebagai tempat menyimpan makanan. Jadi, pada dasarnya ubi, wortel, kentang dan semacamnya merupakan contoh dari tanaman berakar tunggang. Pada akarnya tersimpan makanan yang biasa kita konsumsi.

Adapun ada jenis lain yang masih merupakan Akar yaitu
Akar Gantung
Akar gantung tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuh ke arah tanah. Oleh karena itu, akar tersebut terlihat menggantung di udara. Akar gantung ini berfungsi menyerap uap air dan gas dari udara. Namun, bila telah mencapai tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Tumbuhan yang memiliki akar gantung misalnya beringin.
Akar Napas
Akar napas tumbuh keluar dari batang bagian bawah. Akar tersebut sebagian muncul di permukaan tanah dan sebagian lagi berada di dalam tanah. Akar ini terlihat seperti menopang tegaknya batang. Akar napas mempunyai banyak celah tempat masuknya udara. Jadi, sesuai namanya, akar napas berfungsi untuk bernapas. Tumbuhan yang mempunyai akar napas, misalnya bakau dan pandan.
Akar Pelekat
Akar pelekat tumbuh di sepanjang batang. Akar pelekat terdapat pada tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar ini berfungsi untuk melekatkan batang pada tembok maupun tumbuhan lain. Tumbuhan yang mempunyai akar pelekat, misalnya sirih.
STRUKTUR AKAR

Bagian akar yang secara langsung terhubung dengan batang disebut leher akar. Sementara bagian yang berada di antara leher dan ujung akar dinamakan batang akar. Selanjutnya, akar juga memiliki bagian menonjol pada batang yang membentuk cabang akar. Selain itu, ada juga akar halus bercabang-cabang yang disebut serabut akar. Lalu, akar juga memiliki bagian yang mengalami diferensiasi pada jaringan epidermisnya. Bagian ini dinamakan rambut akar. Sementara, bagian ujung akar yang berfungsi sebagai pelindung mesistem saat akar memanjang menembus tanah disebut tudung akar.

Akar berkembang dari meristem apikal di ujung akar yang dilindungi kaliptra (tudung akar). Meristem apikal selalu membelah diri menghasilkan sel-sel baru. Sel-sel baru terbentuk pada bagian tudung akar atau bagian dalam meristem apikal. Pembelahan meristem apikal membentuk daerah pemanjangan, disebut zona perpanjangan sel. Di belakangnya terdapat zona diferensiasi sel dan zona pendewasaan sel. Pada zona diferensiasi sel, sel-sel akar berkembang menjadi beberapa sel permanen. Misalnya beberapa sel terdiferensiasi menjadi xilem, floem, parenkim, dan sklerenkim.



Struktur morfologi akar


Secara anatomi ( dipotong melintang ) Struktur dan jaringan  penyusun akar tumbuhan sebagai berikut :

  1. Epidermis
  2. Korteks
  3. Endodermis
  4. Stele

 
Epidermis
Epidermis terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat. Dinding selnya tipis sehingga mudah ditembus air. Memiliki rambut-rambut akar yang merupakan hasil aktivitas sel dari belakang titik tumbuh. Rambut rambut akar berfungsi memperluas bidang penyerapan.

Korteks
Korteks terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapislapis, dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. Jaringanjaringan yang terdapat pada korteks antara lain: parenkim, kolenkim, dan sklerenkim.

 Pita Kaspari pada sel endodermis. Sel endodermis dengan penebalan gabus ini sulit ditembus oleh air.

Endodermis
Endodermis terletak di sebelah dalam korteks. Endodermis berupa satu lapis sel yang tersusun rapat tanpa ruang antarsel. Dinding selnya mengalami penebalan gabus. Deretan sel-sel endodermis dengan penebalan gabusnya dinamakan pita kaspari. Pita kaspari ini tidak tembus air dan zat-zat terlarut lainnya. Air dan zat-zat terlarut yang melewati endodermis harus melalui protoplasma yang melekat pada pita kaspari dan melalui dinding sel yang letaknya sejajar dengan silinder pusat. Pada lapisan endodermis juga ditemui lapisan yang mengalami penebalan zat gabus. Penebalan tersebut membentuk huruf U, sehingga disebut sel U. Sel ini bersifat impermiabel sehingga tidak dapat dilalui air.  Penebalan gabus ini tidak dapat ditembus oleh air, sehingga air harus masuk ke silinder pusat melalui sel endodermis yang  terletak segaris dengan xilem yang dindingnya tidak menebal, yang disebut sel penerus air. Jadi Endodermis merupakan pemisah antara korteks dengan stele serta berfungsi sebagai pengatur jalannya larutan yang diserap dari tanah masuk ke silinder pusat..

Stele
Stele (silinder pusat) terletak di sebelah dalam endodermis. Berkas pengangkutan terdapat di antara stele.

Penampang melintang akar tumbuhan Dikotil dan  Monokotil yang diamati secara melintang

PEMBELAJARAN KELAS 4 SD ORGAN TANAMAN 



Tumbuhan terdiri atas beberapa bagian, antara lain akar, batang, daun,bunga, buah, dan biji.
  1. Akar mempunyai susunan dari dari luar ke dalam yaitu kulit luar (epidermis), kulit pertama (korteks), dan silinder pusat.
  2. Bagian-bagian akar terdiri dari tudung akar, ujung akar, batang , akar, cabang akar dan pangkal akar.
  3. Fungsi akar bagi tumbuhan adalah untuk menguatkan berdirinya batang, menyerap air dan garam mineral, serta menyimpan cadangan makanan
  4. Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang ada di atas tanah, serta tempat melekatnya daun, bunga dan buah
  5. Batang berfungsi untuk penyokong tubuh tumbuhan, mengangkut zat makanan ke seluruh tubuh tumbuhan, serta mengangkut air dan mineral dari akar ke daun.
  6. Daun berfungsi untuk fotosintesis, penguapan air, pengeluaran air berupa tetesan, dan alat pernapasan tumbuhan.
  7. Daun dibedakan menjadi daun tunggal dan daun majemuk. Daun tunggal bila satu tangkai memiliki satu helai daun dan daun majemuk bila satu tangkai memiliki lebih dari satu daun.
  8. Buah dan biji merupakan hasil dari penyerbukan dan pembuahan antara serbuk sari dan putik. Biji disebut juga sebagai calon tumbuhan baru. 
LATIHAN SOAL KELAS 4 SD

A.    Pilihlah jawaban yang paling benar.

1. Berikut ini, bagian yang berfungsi sebagai penyerap air dan mineral ialah ....
a. batang         
b. akar
c. daun           
d. buah

2. Pada pohon bakau, akar dapat berfungsi sebagai ....
a. penyerap oksigen di udara
b. cadangan makanan
c. tempat fotosintesis
d. calon tumbuhan baru

3. Tumbuhan yang memiliki akar serabut ialah ....
a. kacang-kacangan
b. pohon kelapa
c. pohon mangga
d. pohon jeruk

4. Daun merupakan tempat melakukan fotosintesis karena ...
a. memiliki tulang daun
b. memiliki serbuk sari
c. memiliki cadangan makanan
d. memiliki klorofil

5. Bagian bunga yang dapat menarik perhatian serangga adalah ....
a. tangkai bunga           
b. putik
c. mahkota                 
d. kelopak
6. Akar apakah yang tumbuh dari bagian batang tumbuhan di atas tanah ?
a. akar gantung      
b. akar pelekat
c. akar napas         
d.akar tunjang

7. Akar tunggang dimiliki oleh ....
a. mangga       
b. padi
c. jagung         
d. tebu

8. bagin batang yang tersusun dai parenkim adalah….
a. kulit luar
b. kulit pertama
c. kulit dalam
d. silinder pusat

9. Bagian bunga yang memiliki fungsi sebagai alat kelamin jantan adalah ....
a. putik                        
b. kelopak
c. benang sari            
d. mahkota

10. Peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik disebut ....
a. stomata  
b. penyerbukan
c. klorofil    
d.perkembangbiakan

11. Yang melindungi biji dari pengaruh buruk luar adalah ....
a. akar            
b. daun
c. batang        
d. buah

12.Serangga dapat membantu penyerbukan karena ....
a. benang sari yang menempel pada serangga dapat menempel ke putik bunga lain
b. putik yang menempel pada serangga terbawa dan menempel ke bunga lain
c. serbuk sari yang terbawa serangga menempel ke kepala putik
d. kepala putik yang terbawa serangga menempel ke bunga lain

13. Bagian tumbuhan yang terbentuk dari hasil penyerbukan dan pembuahan adalah ....
a. bunga                      
b. daun
c. buah dan biji          
d. akar

14. Berikut ini, yang termasuk ke dalam biji berkeping satu adalah ...........
a. biji mangga
b. biji kacang hijau
c. biji jagung
d. biji kacang merah

15. contoh tumbuhan monokotil adalah
a. jagung               
b.jeruk
c.kacang tanah      
d.rambutan

Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.

1. Bagian tumbuhan yang berfungsi untuk memperkokoh tumbuhan adalah ....
2. Berdasarkan bentuknya Akar terdiri atas 2 macam, yaitu ....
3. sebutkan bagian-bagian batang ....
4. Batang berfungsi untuk ....
5.Berdasarkan susunan tulang daun, daun dapat dibedakan menjadi tiga  golongan, yaitu ....
6. Zat warna hijau pada daun disebut juga dengan ....
7. Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai perhiasan bunga adalah ....
8.Bagian tumbuhan bunga yang menempel pada putik pada saat penyerbukan adalah ....
9. Daging buah berfungsi untuk ....
10. Berdasarkan jumlah kepingnya, biji dapat dibedakan menjadi 2 golongan, yaitu ....

C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.

1. Sebutkan  fungsi dari akar.
2. Sebut dan jelaskan pembagian daun menurut jumlah helai daunnya?
3 Sebut dan jelaskan bagian-bagian bunga
4.berdasarkan benang sari dan putiknya bunga dikelompokkn menjadi berapa? Jelaskan.
5. berdasarkan bentuknyaakar dibedakan menjadi 2 sebutkan dan jelaskan…




Kunci jawaban

1)      C                     6)  A                11)  D
2)      A                     7)  A                12)  A
3)      A                     8)  D                13)  B
4)      D                     9)  B                 14)  C
5)      B                    10) D                  15) A


1)      Akar
2)      Akar serabut dan akar tunggang
3)      Kulit luar, Kulit pertama, Kulit dalam, Silinder pusat
4)      Fungsi batang :
 - Penyokong tubuh tumbuhan.
- Mengangkut makanan ke seluruh tubuh tumbuhan.
- Mengangkut air dan mineral dari akar ke daun.
5)      Tulang daun menyirip, menjari dan sejajar.
6)      Klorofil
7)      Mahkota bunga
8)      Serbuk sari
9)      Melindungi biji
10)  Monokotil dan dikotil

NOTE

Kegunaan akar bagi tumbuhan di antaranya:
- Menguatkan berdirinya tumbuhan pada tempat tumbuhnya.
- Menyerap air dan garam-garam mineral dari dalam tanah.
- Menyimpan cadangan makanan misalnya pada umbi-umbian.

Berdasarkan jumlah helai daun, daun dikelompokkan menjadi dua yaitu daun tunggal dan daun majemuk. Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu helai daun pada setiap tangkainya, contohnya daun mangga. Daun majemuk adalah daun yang memiliki beberapa helai daun pada setiap tangkainya, contohnya daun putri malu.

Tangkai bunga
Tangkai bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.
Kelopak bunga
Merupakan bagian bunga yang paling luar. Kelopak biasanya berwarna hijau seperti daun atau berwarna warni seperti mahkota.
Mahkota bunga
Mahkota bunga umumnya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga.
Putik
Merupakan alat kelamin betina.
Benang sari
Benang sari terdapat pada bagian tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga.

Berdasarkan benang sari dan putik, bunga dikelompokkan menjadi dua, yaitu bunga sempurna dan tidak sempurna. Bunga sempurna merupakan bunga yang memiliki benang sari dan putik. Apabila hanya memiliki salah satu di antaranya, maka termasuk bunga tidak sempurna.

Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut Biasanya dimiliki oleh tumbuhan jenis monokotil (biji berkeping tunggal). Misalnya, padi, jagung, dan kelapa. Adapun akar tunggang biasanya dimilikioleh tumbuhan jenis dikotil (biji berkeping dua). Misalnya, mangga,jambu, jeruk, dan kacang-kacangan.
 

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL