Friday, June 5, 2015

ULANGAN BLOK KELAS X SEMESTER 1

Ulangan umum sedang berlangsung tentu yang Ujian Nasional kelas XII bisa meriview soal soal ini dengan seksama OK semoga sukses selalu

SOAL


1. Makhluk hidup dapat mempertahankan jenisnya ini merupakan karakteristik dasar makhluk hidup!
A. Pertumbuhan dan perkembangan
B. Metobalisme
C. Respon terhadap rangsang
D. Beradaptasi
E. Reproduksi

2. Objek Kajian IPA adalah benda
A. Yang ada disekitar kita
B. Konkret di alam yang dapat ditangkap indera
C. Konkret dan abstrak
D. Yang dapat diobservasi dengan menggunakan alat bantu saja
E. Yang berupa fosil

3. Cabang biologi yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup berdasarkan tingkatan tertentu adalah …
A. Mikrobiologi
B. Taxonomi
C. Teratologi
D. Ekologi
E. Morfologi

4. Seseorang menderita kanker paru-paru merupakan salah satu contoh permasalahan biologi yang terjadi pada tingkat …


A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. System organ
E. Individu

5. Dalam perkembangannya, bidang pertanian mampu menemukan tanaman-tanaman bibit unggul. Cabang biologi yang berperan penting peranannya dalam penemuan bibit unggul ialah …
A. Ekologi
B. Botani
C. Genetika
D. Anatomi
E. Patologi

6. Sikap ilmiah yang harus dimiliki untuk mengadakan penelitian adalah …
A. Ingin tahu, objektif
B. Ingin tahu, subjektif
C. Objektif, subjektif
D. Bekerja keras dan tergesa-gesas
E. Tekun dan tidak percaya diri

7. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah …
  1. Mengumpulkan data 
  2. Merumuskan hipotesis 
  3. Menarik kesimpulan 
  4. Merumuskan masalah 
  5. Melakukan percobaan 
  6. Menyusun teori 
Urutan metode ilmiah yang benar adalah
A. 1 → 2 → 3 → 4 → 5 → 6
B. 2 → 1 → 5 → 4 → 3 → 6
C. 2 → 1 → 4 → 5 → 3 → 6
D. 4 → 1 → 5 → 2 → 3 → 6
E. 4 → 1 → 2 → 5 → 3 → 6

8. Langkah pertama dalam penelitian ilmiah adalah …
A. Melakukan eksperiman
B. Observasi hasil pengamatan
C. Analisa data
D. Identifikasi masalah
E. Merancang eksperimen

9. Perhatikan gambar ini

Pohon aren, pohon kelapa, pohon nipah merupakan keanekaragaman hayati tingkat
A. Gen
B. Jenis
C. Komunitas
D. Bioma
E. Ekosistem

10. Hewan yang termasuk dalam fauna tipe peralihan adalah …
A. Siamang dan orang utan
B. Kera dan burung rangkong
C. Badak bercula satu dan banteng
D. Anoa dan komodo
E. Burung cendrawasih dan kangguru

11. Urutkan tingkatan takson dari yang terendah smpai yang tertinggi yaitu …
A. Species → Familia → Ordo → Genus → Classis → Divisio → Kingdom
B. Species → Familia → Genus → Ordo → Classis → Divisio → Kingdom
C. Species → Genus → Familia → Ordo → Classis → Divisio → Kingdom
D. Species → Genus → Familia → Classis → Ordo → Divisio → Kingdom
E. Species → Genus → Classis → Ordo → Familia → Divisio → Kingdom

12. Penulisan nama ilmiah yang benar sesuai aturan dalam binomial nomenklatur pada tanaman ini

A. Oryza sativa
B. Zea mays
C. Capsicum frutecens
D. Musa paradisiaca
E. Arachis hypogaea

13. Garis khayal yang memisahkan fauna indonesia bagian barat dan wilayah peralihan adalah garis
A. Weber
B. Wallace
C. Khatulistiwa
D. Lintang
E. Bujur

14. Hewan berikut ini dilindungi, anggota primata primitif, hidup endemik di hutan sulawesi. Ukurannya kecil, aktif malam hari, hewan yang dimaksud adalah
A. Komodo
B. Maleo
C. Orang Utan
D. Burung Cendrawasih
E. Tarsius

15. Hutan hujan tropis merupakan paru-paru bumi, merupakan salah satu contih manfaat keanekaragaman dalam …
A. Ekonomi
B. Ekologi
C. Farmasi
D. Ilmu Pengetahuan
E. Keuangan

16. Salah satu contoh pelestarian secara in situ adalah
A. Cagar alam
B. Kebun kolesi
C. Kebun plasma nutfah
D. Kebun raya
E. Kebun binatang

17. Virus dikatakan benda tak hidup karena …
A. Hanya mempunyai DNA atau RNA saja
B. Tidak memiliki Organel-organel metabolik
C. Hanya dapat hidup pada tubuh makhluk hidup
D. Dapat dikristalkan, dan tidak mempunyai protoplasma
E. Bereproduksi pada tubuh makhluk hidup

18. Laidraw and Stuart Harris (1933 – 1936) adalah penemu virus…
A. HIV
B. Ebola
C. Influenza
D. H5N1
E. Flavivirus

19. Perhatikan gambar Bacteriophage ini

Bagian viur yang ditunjuk oleh no 4 yaitu …
A. Kapsid
B. DNA
C. Leher
D. Selubung Ekor
E. Serabut ekor

20. Senyawa kimia pembangun Virus bakteriofage T4 adalah DNA dan …
A. Karbohidrat
B. Kolesterol
C. Asam amino
D. Lipid
E. Protein

21. Tahapan reproduksi virus secara litik yang benar adalah …


A. Adsorbsi → sintesis → Infeksi → Perakitan → lisis
B. Adsorbsi → sintesis → Perakitan → Injeksi → lisis
C. Adsorbsi → Infeksi → perakitan → sintesis → lisis
D. Adsorbsi → sintesis → Infeksi → Perakitan → lisis
E. Adsorbsi → Infeksi → sintesis → Perakitan → lisis

22. Virus HIV sangat berbahaya karena menyerang …
A. Sistem perdaran darah
B. Sistem kekebalan tubuh
C. Sistem transportasi
D. Sistem reproduksi
E. Sistem ekskresi

23. Penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus adalah …
A. Kanker
B. Herpes
C. Mosaik
D. Tetelo
E. Paroot fever

24. Partisipasi yang dapat dilakukan remaja untuk manangulanggi virus yaitu …
A. Menjaga kebrsihan rumah dan sekolah saja
B. Berteman dengan teman yang pintar saja
C. Merokok di tempat yang diperbolehkan merokok
D. Makan, makanan dari pabrik
E. Tidak merokok

25. Bagian sel bakteri yang ditunjuk no 2 memiliki fungsi

A. Penghasil energi
B. Respirasi sel
C. Alat penusuk
D. Alat pencari makan
E. Alat pergerakan

26. Bakteri diatas mempunyai beberapa flagella di salah satu ujung tubuhnya yang ada pada gambar ini disebut

A. Monotrik
B. Lofotrik
C. Atrik
D. Amfitrik
E. Peritrik

27. Bakteri yang mampu mengubah zat organik menjadi organik denan energi dari cahaya disebut …
A. Bakteri autrotof
B. Bakteri heterotrof
C. Bakteri kemoautrotof
D. Bakteri fotoautrotof
E. Bakteri gram negative

28. Anggota Archaebacteria yang hidup di lingkungan berkadar oksigen sangat rendah adalah …
A. Halobacterium sp
B. Methanococcus sp
C. Sulfolobus sp
D. Thermoplasma
E. Eschirichia coli

29. pemindahan bahan genetik (ADN) secara langsung antara dua sel bakteri melalui jembatan sitoplasma yang berbentuk secara khusus di sebut …
A. Konjugasi
B. Transformasi
C. Thermoproteus
D. Phyrobacullum
E. Phirococcus

30. Bakteri yang bermanfaat dalam proses pembuatan makanan seperti pada gambar adalah …

A. Accetobacter xylinum
B. Streptococcus lactis
C. Streptococcus thermophilus
D. Lactobasilus bulgaricus
E. Eschirichia coli

31. Salah satu cara untuk membuktikan bahwa bakteri merupakan suatu benda hidup dilakukan dengan cara
A. Mengamati dengan mikroskop adanya proses pernapasan
B. Membiakan pada medium yang sesuai
C. Mengamati dengan mikroskop elektron adanya DNA
D. Mengamati dengan mikroskop elektron bentuk stukturnya
E. Menganalisis unsur-unsur kimia pembentuk tubuhnya

32. Seorang siswa mengamati setetes air, dan ditemukan organisme dengan ciri-ciri:
  1. Bentuk selalu berubah-rubah 
  2. Bergerak dan menangkap mangsa dengan menggunakan kaki semu 
  3. Memiliki vakuola kontraktil berfungsi sebagai osmoregulasi 
  4. Reproduksi dengan pembelahan biner 
Berdasarkan cirri-ciri di atas, organism tersebut masuk dalam kelas …
A. Mastighopora
B. Sporozoa
C. Rhizopoda
D. Flagellate
E. Ciliophora

33. Prostita mirip hewan yang mampu mengeluarkan cahaya dimalam hari adalah …

A. Euglena viridis
B. Euglena sanguine
C. Volvox globator
D. Panstrongylus megistus
E. Noctiluca miliaris

34. Perhatikan gambar berikut ini

Pada daur hidup Chalmydomona no 1 menunjukan proses:
A. Reproduksi seksual
B. Reproduksi Aseksual
C. Replika
D. Reproduksi Seksual danAseksual
E. Reproduksi Aseksual dan Replika

35. Jenis alga yang berguna untuk obat-obatan:
A. Gelidium
B. Chondrus
C. Alginat
D. Porphyra
E. Chlorella

36. Postita mirip jamur adalah
A. Myxomycota dan Oomycota
B. Rhizopoda dan Sporozoa
C. Myxomycota dan Oomycota
D. Flagelata dan Ciliata
E. Chlorophyta dan Rhodophyta

37. Jamur yang dimanfaatkan dalam pembuatan tempe adalah …
A. Aspergilus wenti
B. Mucor javanicus
C. Mucor mucedo
D. Rhizopus oligosporus
E. Saccaromices cereviceae

38. Spora pada proses perkembangbiakan secara generatif pada Ascomicotina dihasilkan dalam …
A. Benangsari
B. Putik
C. Askus
D. Basidia
E. Kotak spora

39. Salah satu jamur yang termasuk Deuteromycotina yang menyebabkan layu pada bibit-bibit tanaman adalah …
A. Helminthosprium oryzae
B. Sclerotium rolfsii
C. Monila sitophila
D. Tinea versicolor
E. Verticillium

40. Hifa pada mikoriza pada tanaman bersimbiosis dengan:
A. Batang
B. Akar
C. Daun
D. Bunga
E. Buah

ESSAY

  1. Sebutkan 5 Cabang-cabang biologi beserta yang dipelajarinya! 
  2. Indonesia dibagi menjadi 3 bagian persebaran flora dan fauna, senbutkan dan berikan masing-masing 3 contah fauna! 
  3. Gambarkan salah satu struktur tubuh virus beserta penjelasanya! 
  4. Sebutkan bakteri yang menguntungkan dan merugikan (masing-masing 3 bakteri) 
  5. Apa perbedaan antara jamur saprofit dan parasit ? 
RESUME BIOLOGI
BAB 1 BIOLOGI SEBAGAI ILMU

Biologi adalah ilmu tentang kehidupan. Diambil dari bahasa Yunani, bios yang berarti kehidupan dan logos yang berarti ilmu
Berdasarkan tingkat organisasi :
  • Tingkat molekul : Biologi molekuler, biokimia, dan genetika 
  • Tingkat sel : Sitologi 
  • Tingkat jaringan : Histologi 
  • Tingkat organ dan sistem organ : Organologi, anatomi, dan fisiologi : Pulmonologi : Paru-paru manusia , Kardiologi : Jantung manusia , Endokrinologi : Sistem endoktrin manusia, Neurologi : Sistem saraf manusia 
  • Tingkat individu : Biologi perkembangan 
  • Tingkat populasi : Biologi populasi, biogeografi, dan generika populasi 
  • Tingkat ekosistem : Ekologi, ilmu lingkungan, toksikologi, biologi kelautan, dan limnologi 
  • Tingkat bioma : Bioma tropis 
Cabang biologi yang mempelajari kehidupan pada suatu kelompok organisme, diantaranya sebagai berikut :

  1. Taksonomi : Pengelompokkan berdasarkan persamaan dan perbedaan organisme 
  2. Virologi : Virus 
  3. Mikrobiologi : Mikroorganisme 
  4. Bakteriologi : Bakteri 
  5. Mikologi : Jamur, ragi, dan kapang 
  6. Botani : Tumbuhan. Contoh Pteridologi : Paku , Bryologi : Lumut 
  7. Zoologi : Hewan. Contoh : Entomologi : Serangga, Iktiologi Ikan, Herpetologi : Reptilia , Ornitologi : Unggas, Mamologi : Mamalia 
Cabang biologi berdasarkan aspek kehidupan :
  1. Biologi perkembangan : Perkembangan individu organisme
  2. Embriologi : Perkembangan embrio
  3. Anatomi : Struktur internal organisme
  4. Fisiologi : Fungsi yang terjadi pada kehidupan organisme
Cabang biologi kelompok ilmu campuran dan terapan :
  1. Biokimia : Proses kimia dalam sistem kehidupan 
  2. Biofisika : Proses fisika dalam sistem kehidupan 
  3. Bioteknologi : Teknologi yang memanfaatkan organisme 
  4. Paleontologi : Perkembangan sejarah kehidupan berdasarkan catatan fosil 
Manfaat biologi :

Bidang pertanian : Peningkatan produksi pangan
  1. Teknik penanaman yang lebih efisien 
  2. Tanaman budidaya melalui rekayasa genetika, mampu menghasilkan insektisida sendiri 
  3. Teknik kultur jaringan 
  4. Teknik rekayasa genetika, buah-buahan tanpa biji 
Bidang peternakan : Peningkatan produksi hewan ternak
  1. Inseminasi buatan (kawin suntik) 
  2. Fertilisasi in vitro, menghasilkan embrio diluar uterus 
Bidang kesehatan : Pencegahan diagnosa, dan penanganan terhadao berbagai penyakit dan kelainan
  1. Transplantasi organ 
  2. Menciptakan vaksin-vaksin 
  3. Teknik bayi tabung 
  4. Antibiotik 
Bidang industri :
  1. Pemanfaatan mikroorganisme dalam industri makanan 
  2. Pemanfaatan beberapa jenis mikroorganisme dalam industri obat-obatan 
Metode ilmiah, tahapannya :
  1. Menemukan masalah : Pertanyaan yang timbul dari melihat masalah 
  2. Mengajukan hipotesis : Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah, hipotesis didasari pada pengetahuan dan hasil penelitian terdahulu 
  3. Melakukan percobaan : Untuk menguji kebenaran hipotesis. Sebelum melakukan percobaan, harus dilakukan perencanaan percobaan yang meliputi Menentukan alat dan bahan , Menentukan variabel : 
  4. Menarik kesimpulan : Berisi hasil percobaan yang dapat mendukung atau tidak mendukung hipotesis yang dibuat sebelumnya 
VARIABEL PENELITIAN

Variable meliputi

  1. Variabel adalah ciri objek yang dapat diukur secara kuantitatif dan memiliki nilai yang berubah-ubah 
  2. Variabel bebas merupakan faktor yang diubah 
  3. Variabel terikat adalah faktor yang berubah tergantung perubahan variabel bebas 
Pada percobaan biologi terdapat 2 kelompok : Kelompok yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol (Kelompokyang tidak diberi perlakuan)

Laporan ilmiah, urutannya :
  1. Perumusan masalah dan hipotesis 
  2. Tujuan 
  3. Metode 
  4. Hasil 
  5. Pembahasan : Harus menunjukkan apakah kasil tersebut menjawab hipotesis awal atau tidak 
  6. Kesimpulan : Intisari atau hasil percobaan dan pembahasaan. Harus menjawab pertanyaan awal yang diajukan sebelum melakukan pecobaan
BAB 2 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Sistem klasifikasi : Sistem yang dapat memudahkan kita mempelajari dan mengenali makhluk hidup
  • Taksonomi : Cabang ilmu biologi yang mengkaji pengelompokkan makhluk hidup
  • Sistem klasifikasi makhluk hidup pertama kali dipelopori oleh Carolus Linnaeus
  • Proses klasifikasi – makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan persamaan dan perbedaan cirinya
  • Sistem klasifikasi alami : Pengelompokkan berdasarkan ciri morfologi, anatomi, dan fisiologi 
  • Sistem klasifikasi filogeni : Pengelompokkan yang memperhatikan sejarah evolusi 
  • Sistem klasifikasi buatan : Pengelompokkan berdasarkan ciri morfologi yang mudah dilihat 
Tingkatan takson makhluk hidup :
  • Kingdom (Kerajaan)
  • Filum (untuk hewan) atau divisio (untuk tumbuhan) (Bagian)
  • Classis (Kelas)
  • Ordo (Bangsa)
  • Family (Suku)
  • Genus (Marga)
  • Spesies (Jenis)
Sistem tata nama makhluk hidup :
Carolus Linnaeus pada tahun 1735 menciptakan sistem tata nama
Menggunakan bahasa Latin

Terdiri dari 2 bagian :
1. Bagian pertama : Nama genus (diawali huruf besar)
2. Bagian kedua : Nama spesies (diawali huruf kecil)
  • Kedua bagian nama tersebut dicetak miring jika diketik dengan komputer atau digarisbawahi jika ditulis dengan tangan
  • Sistem penamaan yang terdiri dari 2 bagian ini disebut tata nama ganda (binomial nomenclature)
Manfaat klasifikasi :

  1. Mengetahui keanekaragaman hayati
  2. Mengenal berbagai jenis spesies makhluk hidup meliputi ciri makhluk hidup, hubungan kekerabatan, interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya
  3. Mengetahui ciri-ciri unggul dari berbagai spesies makhluk hidup, kita dapat memanfaatkan secara langsung antara lain untuk bahan pangan, sandang, dan papan
Beberapa sistem klasifikasi yang sudah dikembangkan para ilmuwan biologi :

  1. Sistem dua kingdom : Kelompok tumbuhan dan kelompok hewan 
  2. Sistem tiga kingdom : Protista, plantae, dan animalia 
  3. Sistem empat kingdom : Monera, protsta, plantae, dan animalia 
  4. Sistem lima kingdom : Monera, protista, fungi, plantae, animalia 
  5. Sistem enam kingdom : Eubacteria, Archaebacteria, protista, fungi, plantae, dan animalia
Identifikasi atau determinasi adalah menentukan nama hewan atau tumbuhan dengan benar dan menempatkannya di dalam sistem klasifikasi hewan dan tumbuhan. 

Caranya :
  1. Ingatan : Determinasi dilakukan berdarkan pengetahuan atau ingatan kita tentang tumbuhan atau hewan yang dikenal sebelumnya 
  2. Bantuan orang lain : Determinasi tumbuhan/hewan dapat dilakukan dengan meminta bantuan ahli-ahlu botani, zoologi, atau siapa saja yang dapat membantu 
  3. Spesimen acuan : Identifikasi tumbuhan/hewan dilakukan dengan membandingkan secara langsung dengan spesimen acuan yang telah diidentifikasi dan diberi etiket bertuliskan namanya 
  4. Pustaka : Membandingkan/mencocokkan ciri-ciri tumbuhan.hewan yang akan diidentifikasi dengan pustaka. Dapat pula mengguanakan kunci identifikasi atau determinasi 
  5. Komputer : Program komputer yang dapat menyimpan, mengolah, dan memberikan keterangan tentang tumbuhan/hewan 
  6. Kunci dikotom : Kunci identifikasi dengan menelusuri jalur yang ditetapkan oleh keputusan beraturan dengan setiap pilihannya adalah biner (karena hanya ada 2 alternatif) 
BAB 3 VIRUS

Ciri virus :

1. Ukuran dan bentuk 
  • 25-300 nm 
  • Paling kecil virus polio. Paling besar virus TMV 
  • Bulat : Virus influenza, & HIV 
  • Oval : Virus rabies 
  • Batang : Virus TMV 
  • Polihedral : Adenovirus 
  • Huruf T : Bakteriofage 
2. Struktur dan fungsi
  • Bukan berupa sel (aseluler), berupa partikel yang disebut virion 
  • Asam nukleat : Molekul pembawa informasi genetika. DNA saja/RNA saja 
  • Selubung protein (kapsid) : Pembungkus asam nukleat, tersusun dari subunit protein yang disebut kapsomer 
  • Memberi bentuk virus 
  • Virus kompeks : Memiliki bagian kepala dan ekor. Contoh : Bakteriofage 
  • Gabungan dari asam nukleat dan kapsid disebut nukleokapsid 
Reproduksi :
  1. Tahap pelekatan : Saat partikel virus (virion) melekat pada sel yang diinfeksi. Tempat pelekatan disebut reseptor 
  2. Tahap penetrasi : Tahap materi genetik virus masuk ke dalam sitoplasma sel inang 
  3. Tahap replikasi dan sintesis : Tahap terjadinya perbanyakan partikel virus di dalam sel inang. Sel inang akan dikendalikan sehingga sel dapat membuat komponen virus 
  4. Tahap pematangan : Penyusunan asam nukleat dan protein menjadi partikel virus yang utuh 
  5. Tahap pelepasan : Tahap partikel virus keluar dari sel inang dengan memecahkan sel tersebut 
Siklus litik : Tahapnya seperti diatas, pematangan berlangsung cepat kemudian memecahkan sel tersebut hingga sel inang mati (lisis)

Siklus lisogenik : DNA/RNA virus yang disisipkan pada kromosom sel inang akan mengadakan replikasi secara terus-menerus. Menghasilkan banyak sel anakan yang terinfeksi

KINGDOM MONERA
  • Bakteri Langsung menyerang seperti diatasVirus bakteri : , Bakteriofage/fage, mengandung DNA
  • Tumbuhan : Masuk melalui perantara serangga (vektor)Virus mikroorganisme eukariotik : Mengandung RNA, contoh : Mycovirus Virus tumbuhan : Mengandung RNA, contoh : TMV
  • Hewan/manusia : Masuk melalui makanan, minuman, udara, darah, luka, atau gigitan . Virus hewan : Mengandung RNA/DNA, contoh : Virus penyakit mulut dan kaki pada sapi
Klasifikasi :
  • Menggunakan sistem ICTV (International Committee on Taxonomy of Viruses)
Tingkat takson virus:
  • famili diakhiri viridae,
  • genus diakhiri virus,
  • spesies menggunakan bahasa Inggris dan diakhiri virus  
Virus yang memberi manfaat : Bidang rekayasa genetika krn dapat digunakan untuk kloning gen (produksi DNA secara identik). Co : Mengendalikan pertumbuhan serangga, terapi gen manusia

Virus yang merugikan :

1. Virus yang menyebabkan penyakit pada manusia

  • Influenza virus : Menyebabkan penyaki flu
  • Human immunodeficiency virus (HIV) : Penyebab AIDS, menyerang sel-sel darah putih jenis limfosit B
  • Hepatitis delta virus : Penyakit hepatitis B
  • Ebola virus : Penyakit ebola
  • Measles virus : Penyakit cacar
  • Polio virus : Penyakit polio
  • Herpes simplex virus : Penyakit herpes
  • Mumps virus : Penyakit gondong
  • Human papollomavirus : Penyebab kutil pada kilit
2. Virus yang menyebabkan penyakit pada hewan
  • Rous sarcoma (RSV) : Penyebab tumor pada ayam
  • Bovine papillomavirus : Penyebab tumor pada sapi
  • Virus penyakit mulut dan kaki pada sapi
  • Virus penyakit tetelo pada ayam (Newcastle disease)
  • Rabies virus : Penyebab rabies pada anjing, monyet, kucing dan manusia
3. Virus yang menyebabkan penyakit pada tumbuhan
  • Tobacco mosaic virus (TMV) : Penyakit mosaik pada tembakau
  • Citrus leprosis virus (CiLV) : Penyebab penyakit pada jeruk
  • Virus tungro : Penyakit pada tanaman padi
  • Virus yang menyerang tanaman hias
Pencegahan terhadap virus : Pemberian vaksin. Vaksin adalah suatu zat yang mengandung mikroorganisme patogen yang sudah dilemahkan, memberikan kekebalan secara pasif. 

Contoh :
  • OPV (Oral polio vaccine) : Vaksin polio
  • Vaksin rabies
  • Vaksin hepatitis B
  • Vaksin influenza
  • Vaksin cacar
  • Vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella) untuk cacar, gondong dan campak
KINGDOM MONERA

EUBACTERIA DAN ARCHAEBACTERIA

Eubacteria
  • Eu (=sejati) dan bacteria (=bakteri). Eubacteria (=bakteri sejati)
  • Bakteri ditemukan pertama kali oleh Anthony Van Leeuwenhoek
  • Ilmu yang mempelajari bakteri adalah bakteriologi
Ciri sel :

1. Ukuran dan bentuk sel : berdiameter 0,12 mikron sampai ratusan mikron. Dapat dilihat dengan mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Ada 3 bentuk dasar :
  • Kokus (bulat) 
  • Basil (batang)
  • Spirila (spiral)
2. Struktur dan fungsi sel :
  • Dinding sel : berfungsi sebagai pelindung dan pemberi bentuk bakteri. 
  • Terususn daripeptidoglikan, yaitu gabungan protein dan polisakarida. 
Berdasarkan ketebalan lapisan peptidoglikan : 
  1. Bakteri gram positif : Bakteri yang memiliki dinding sel dengan lapisan peptodoglikan yang tebal, warna : ungu, co : Vibrio cholerae
  2. Bakteri gram negatif : Bakteri yang memiliki dinding sel dengan lapisan Peptidoglikan yang tipis, warna : merah muda/merah, co : E.coli
Bagian dari sel bakteri

  • Membran plasma : Membarn yang menyelubungi sitoplasma. Tersusun dari lapisan fosfolipid dan protein. Bersifat selektif permeabel dan berfungsi untuk mengatur pertukaran zat antara sel dengan lingkungannya
  • Sitoplasma : Cairan sel. Mengandung ribosom, DNA, dan granula penyimpanan
  • Ribosom : Organel yang berukuran sangat kecil dan merupakan tempat terjadinya sintesis protein yang dibantu oleh RNA
  • DNA : Materi pembawa informasi genetik 
  • Granula penyimpanan : Berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan
  • Kapsul atau lapisan lendir : lapisan diluar dinding sel. Tebal=kapsul / tipis=lapisan lendir. Berfungsi membantu sel bakteri melekat pada suatu permukaan/dengan sel bakteri lainnya, pertahanan bakteri dari sel-sel fagosit, dan melindungi sel bakteri saat mengalami kekeringan
  • Flagelum : Bulu cambuk 
Bulu cambuk pada bakteri berdar letaknya dan jumlahnya meliputi
  1. Satu : Monotrik
  2. Banyak flagelum di satu sisi : Lofotrik
  3. Banyak flagelum di dua sisi : Amfitrik
  4. Tersebar di seluruh permukaan : Peritrik
Endospora : Bentuk istirahat (laten) dari beberapa jenis bakteri gram positif

Cara hidup : Berdasarkan cara memperoleh makanan
  • Bakteri heterotrof : Bakteri yang makanannya berupa senyawa organik dari organisme lain. sedang Autotrof dapat membuat makanan sendiri
Bakteri Heterotrof Terbagi menjadi :
  1. Bakteri saprofit : Bakteri yang memperoleh makanan dari sisa organisme lain/produk organisme lain. Baketri pengurai (dekomposer)
  2. Bakteri parasit : Bakteri yang memperoleh makanan dari inangnya. Jika menimbulkan penyakit pada inangnya maka akan disebut bakteri patogen
Bakteri autotrof : Bakteri yang mampu membuat makanannya sendiri
Berdasarkan Kebutuhan oksigen untuk merombak makanan agar memperoleh energi :
  • Bakteri aerob : Membutuhkan oksigen untuk memperoleh energi
  • Bakteri anaerob : Tidak membutuhkan oksigen untuk memperoleh energi. Energi diperoleh dengan fermentasi. 
Bakteri anaerob Dibedakan menjadi : 
1. Anaerob obligat : Hanya dapat hidup juka tidak ada oksigen
2. Anaerob fakultatif : Dapat hidup jika ada oksigen maupun tidak ada oksigen

Reproduksi :

  1. Aseksual : Pembelahan biner (setiap sel membelah menjadi 2)
  2. Seksual : 
Reproduksi sexual meliputi
  1. Transformasi : Masuknya DNA telanjang ke dalam sel bakteri dan mengubah sifat sel bakteri
  2. Transduksi : Pemindahan materi genetik 1 sel bakteri ke sel bakteri lainnya dengan perantara organisme lain, yaitu bakteriofage
  3. Konjugasi : Pemindahan materi genetik secara langsung melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan di antara 2 sel bakteri yang berdekatan
Habitat : 
Lingkungan lembab atau agak basah dengan temperatur 25-37 derajat Celsius

Klasifikasi eubacteria : 5 filum
1. Proteobacteria
  • Bakteri ungu yang bersifat fotoautotrof/fotoheterotrof 
  • Proteobacteria yang bersifat kemoautotrof/kemoheterotrof
2. Cyanobacteria
  • Memiliki klorofil 
  • Tidak memiliki alat gerak tapi dapat melakukan fotosintesis
  • Hidup soliter/koloni. Koloni berbentuk benang, lembaran, atau bola berongga.   
  • Tidak memiliki membarn inti (prokariot)
  • Mengandung pigmen klorofil, karoten, fikosianin (biru), dan fikoeritrin (merah)
  • Autotrof
  • Menghasilkan oksigen
  • Reproduksi : Aseksual : Pembelahan biner, fragmentasi, dan pembentukan akinet (spora)
  • Berbentuk benang 
Cyanobacteria yang berbentuk benang ada 3 macam sel utamanya : 
  1. Heterokista : Sel berdinding tebal yang berguna untuk mengikat nitrogen, 
  2. Akinet : Sel berdinding tebal yang berfungsi untuk pertahanan diri, 
  3. Baeosit : Sel-sel bulat kecil hasil reproduksi, berguna untuk fotosintesis. 
3. Spirochetes 
  • Berbentuk spiral dengan panjang 5-250 mikron. 
  • Merupakan bakteri gram negatif. Memiliki suatu struktur unik yang disebut filamen aksial 
  • Filamen aksial semacam serabut di sepanjang tubuh, di dalam selubung terluang tetapi di luar dinding sel, berfungsi untuk membuat gerakan berputar
4. Chlamydias : 
  • Hidup sebagai parasit. 
  • Memiliki 2 bentuk sel dalam siklus hidupnya, yaitu :  Badan dasar dan Badan inisial
  • Badan dasar : Masuk ke dalam sel inang dan berkembang menjadi badan inisial 
  • Badan inisial : Tumbuh dan membelah diri, lalu membentuk badan dasar kembali dan dilepaskan ke sel inang yang disertai pecahnya sel inang
5. Bakteri gram positif 
  • Beberapa bakteri gram positif membentuk endospora ketika lingkungan miskin akan zat makanan
Archaebacteria

  • Kelompok bakteri yang dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan, namun membran plasmanya mengandung lipid
  • Hidup pada lingkungan ekstrim

Berdasarkan lingkungan ekstrimnya, Archaebacteria dibagi menjadi 3 :
  1. Bakteri metanogen : Bakteri yang menghasilkan metana dari gas hidrogen dan karbon dioksida/asam asetat. Metana disebut juga biogas. Hidup dirawa sebagai pengurai. Co :Methanobacterium
  2. Bakteri halofil : Bakteri yang hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi. Co :Halobacterium
  3. Bakteri termoasidofil : Hidup di lingkungan ekstrim yang panas dan asam. Kondisi optimal : temperatur 60-80 derajat Celsius dengan pH 2-4. Bakteri ini terdapat pada daerah yang mengandung asam sulfat, misalnya di kawah vulkanik. Co : Sulfolobus dan Thermoplasma
Bakteri dalam kehidupan manusia

Bakteri yang menguntungkan :


1. Eubacteria :

  • Pembusukan sisa-sisa makhluk hidup. Co : E. Coli
  • Pembuatan makanan dan minuman hasil fermentasi. Co : Acetobacter : Pembuatan asam cuka, Lactobacillus bulgaricus : Pembuatan yogurt
  • Berperan dalam siklus nitrogen sebagai bakteri pengikat nitrogen. Co : Rhizobium leguminosarum
  • Penyubur tanah dengan Nitrifikasi : Nitrosococcus, Nitrosomonas dan Nitrobacter
  • Penghasil antibiotik : Bacillus polymixa : Polimiksin B
  • Penelitian rekayasa genetika : Escherichia coly ( Teknik Plasmid)
  • Pembuatan zat kimia : Clostridium acetobutylicum
2. Archaebacteria : 

  • Berperan dalam proses pembusukan sampah dan kotoran hewan sehingga menghasilkan energi alternatif metana berupa biogas. Co : Methanobacterium
Bakteri yang merugikan

Eubacteria :

  • Pembusukan makanan. Co : Clostridium botulinum
  • Penyebab penyakit pada manusia. Co : Mycobacterium tuberculosis (TBC), Vibrio chloerae(kolera/muntaber), Clostridium tetani (tetanus)
  • Penyebab penyakit pada hewan. Co : Bacillus anthracis (antraks pada sapi)
  • Penyebab penyakit pada tanaman budidaya. Co : Pseudomonas solanacearum 
Archaebacteria : 


  • Penyebab kerusakan makanan yang diawetkan dengan garam
Penanggulangan terhadap bakteri :

1. Pengawetan dan pengolahan makanan
  1. Pemanisan
  2. Pengeringan
  3. Pengasapan
  4. Pengasinan
  5. Pendinginan
  6. Pasteurisasi : Pemanasan dengan suhu 63-72 derajat Celsius selama 15-30 menit. Dilakukan pada susu untuk mematikan bakteri patogen dan mempertahankan rasa dan aroma khas susu
  7. Sterilisasi : Pemanasan dengan menggunakan udara panas/uap air panas bertekanan tinggi. Menggunakan oven dengan temperatur 170-180 derajat Celsius. Untuk mensterilkan peralatan gelas. Alat : Autoklaf
Kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan
  1. Menjaga kebersihan lingkungan
  2. Menjaga kebersihan badan
  3. Makan makanan sehat
  4. Cukup istirahat
  5. Melakukan olah raga
3. Imunisasi

  1. Vaksin kolera : Kolera
  2. Vaksin tifus : Tifus
  3. Vaksin BCG : TBC
  4. Vaksin DPT : Difteri, tetanus, batuk
PROTISTA
Ciri protista :
  1. Sel eukariotik
  2. Uniseluler/multiseluler
  3. Tidak memiliki jaringan yang sebenarnya 
Protista yang menyerupai jamur :

1. Merupakan jamur parasit dan predator yang menghasilkan spora. 


  • Jamur parasit merupakan jamur air pengurai uniseluler yang hidup di perairan. 
  • Jamur predator/fagosit merupkan jamur lendir yang hidup menyerupai amoeba

2. Kesamaan dengan jamur adalah :
  • Memiliki struktur yang menghasilkan spora
  • Heterotrof
  • Parasit/pengurai

3. Jamur air (Oomycota) :

  • Hidup bebas dan mendapatkan nutrisi dari sisa tumbuhan di kolam, danau, dan aliran air
  • Hidup di dalam jaringan yang mati pada tumbuhan
  • Parasit pada organisme akuatik
  • Patogen pada tanaman
  • Reproduksi seksual : Penyatuan gamet jantan dan betina
  • Contohnya : Saprolegnia (parasit pada hewan air), Plasmopora viticula (pada buah anggur), Phytophthora infestans (pada kentang dan tomat)
4. Jamur lendir (Myxomycota) :
  • Menghasilkan sel-sel yang hidup bebas pada sebagian siklus hidupnya disebut amoeboid
  • Predator fagosit karena menelan bakteri, hama, spora, dan berbagai komponen organik
  • Contoh : Dictyostelium discoideum
PROTISTA HEWAN - PROTOZOA


Protista yang menyerupai hewan :
  1. Dikenal dengan istilah Protozoa
  2. Uniseluler dan heterotrofik
  3. Eukariotik
  4. Berukuran mikroskopis, 10-200 mikron
  5. Reproduksi aseksual : Pembelahan biner
  6. Reproduksi seksual : Konjugasi
  7. Inti makronukleus : Mengatur metabolisme
  8. Inti mikronukleus : Konjugasi
  9. Vakuola makanan : Cerna
  10. Vakuola kontraktil : Osmoregulator
  11. Jika lingkungan kering, akan membentuk krista
  12. Contoh kelompok Protozoa
PROTOZOA

Klasifikasi Protozoa berdasarkan alat geraknya :

  1. Rhizopoda
  2. Ciliata
  3. Flagelata
  4. Sporozoa
Rhizopoda :1. Alat gerak : Pseodopoda (kaki semu)

2. Tidak memiliki bentuk tetap
3. Sitoplasmanya terdiri dari Ektoplasma dan Endoplasma
4. Ektoamoeba (bebas) :
  • Foraminifera : Tanah globigerina (indikator minyak)
  • Amoeba
  • Radiolaria : Tanah radiolaria (bahan penggosok)
  • Arcella
  • Diflugia
3. Entamoeba (parasit) :
  • Entamuba ginggivalis : Gusi
  • Entamuba hystolitica /Entamuba dysentriae : Disentri
  • Entamuba coly : Di kolon : muntaber

Flagellata :
1. Alat gerak : Flagellum (bulu cambuk)
2. Hidup Bebas :
  1. Euglena : Euglenophyta
  2. Volvox
  3. Noctiluca Miliaris : Kunang laut
3. Hidup Parasit :
Di darah manusia :
  1. Leismania donovani : Kalazar
  2. Tryponosoma cruzi : Anemia
  3. Tryponosoma gambiue : Tidur
Di usus manusia :
  1. Giordia lamblia : Diare
Di alat kelamin :

  1. Trichomonas vaginalis
Di darah ternak :
  1. Trypanosoma evansi : Surrah
  2. Trypanosoma brucei
  3. Trypanosoma 
Cilliata :
1. Alat gerak : Silia (rambut getar)
  1. Balantidium coli
  2. Vorticella : Bentuk lonceng
  3. Stentor : Bentuk terompet
  4. Paramecium
  5. Suctoria
  6. Didinum
  7. Stylonichia
Sporozoa :

1. Tidak memiliki alat gerak
2. Toxoplasma gondii : Tokso pada janin
3. Plasmodium :
  1. Falcivarum : Tropika (1 x 24 jam)
  2. Vivax : Tertiana (2 x 24 jam)
  3. Malariae dan ovale : Guartana (3 x 24 jam)
4. Reproduksi vegetatif : Pembelahan biner
5. Reproduksi generatif : Pembentukan gamet dilanjutkan dengan penyatuan gamet jantan & betina

Peran protozoa dalam kehidupan manusia :

Menguntungkan :

  1. Foraminifera, cangkang, atau kerangkanya merupakan petunjuk dalam pencarian sumber daya minyak, gas alam dan mineral
  2. Radiolaria, kerangkanya jika mengendap di dasar laut menjadi tanah radiolaria
Merugikan :

  1. Entamoeba histolytica : Diare
  2. Trypanosoma brucei : Penyakit tidur di Afrika
  3. Leishmania : Penyakit kala-azar
  4. Trichomonas vaginalis : Parasit, pada alat kelamin wanita dan saluran kelamin laki-laki
  5. Toxoplasma gondii : Toksoplasmosis
  6. Plasmodium : Penyakit malaria 
PROTISTA TUMBUHAN - ALGAE

Protista yang menyerupai tumbuhan :


  1. Ganggang uniseluler ada yang hidup soliter dan ada yang hidup berkoloni
  2. Ganggang multiseluler ada yang berbentuk benang/lembaran
  3. Struktur yang tidak dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun disebut talus
  4. Eukariotik, memiliki kloroplas (organel yang mengandung zat warna (pigmen) yang digunakan untuk berfotosintesis
  5. Pigmen dalam kloroplas berfungsi menyerap energi cahaya matahari yang berguna untuk proses fotosintesis. Pigmen utama fotosintesis adalah klorofil
  6. Pigmen tambahan : karoten dan fikobilin
  7. Pirenoid berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan pada sema jenis ganggang
  8. Organisme autotrof, berperan sebagai produsen
  9. Beberapa jenis ganggang yang berbentuk talus, reproduksi : Metagenensis (pergiliran keturunan). Metagenesis terjadi antara generasi penghasil spora (sporofit/vegetatif) dan generasi penghasil gamet (gametofit/generatif)

REPRODUKSI

Cara reproduksi pada ganggang :
  1. Isogami : Penyatuan 2 gamet yang berbeda jenis namun memiliki bentuk dan ukuran sama
  2. Anisogami : Penyatuan 2 gamet yang berbeda jenis, memiliki bentuk sama namun ukuran berbeda
  3. Oogami : Penyatuan 2 gamet yang berbeda bentuk dan ukuran
Reproduksi aseksual : 
  • Pembelahan biner (ganggang uniseluler)
  • Fragmentasi (ganggan multiseluler berbentuk filamen dan talus)
  • Pembentukan spora (ganggang uniseluler maupun ganggang multiseluler)
Reproduksi seksual : Penyatuan 2 gamet yang berbeda jenis

Klasifikasi ganggang :

  1. Euglenophyta 
  2. Chrysophyta 



EUGLENOPHYTA

  • Memiliki pigmen merah (fikobilin)
  • Mendeteksi dan bergerak menuju cahaya
  • Uniseluler, tidak memiliki dinding sel
  • Reproduksi aseksual : Pembelahan biner
  • Contoh : Euglena
Chrysophyta : Ganggang Keemasan

  • Pigmen dominan : Santofil (keemasan)
  • Uniseluler soliter (co : Ochromonas)
  • Multiseluler (co : Vaucheria)
  • Dinding sel mengandung hemiselulosa, silika, dan pektin
  • Reproduksi aseksual : Pembelahan biner & pembentukan spora
  • Reproduksi seksual : Penyatuan 2 jenis gamet
  • Contohnya : Navicula,Synura, dan Mischococcus
Pyrrophyta/Dinoflagellata : Ganggang api

  • Mampu berpendar
  • Menyebabkan timbulnya red tide yang menghasilkan toksin (racun) yang dapat membunuh ikan & hewan laut disekitarnya. Pada manusia dapat menimbulkan kerusakan otak pada manusia yang memakan makanan laut yang tercemar toksin tersebut
  • Pigmen : Klorofil a dan c, santofil, dinosantin, dan fikobilin
  • Hanya hidup di laut dan dikenal sebagai produsen utama fitoplankton laut
  • Reproduksi aseksual : Pembelahan biner
  • Contoh : Gymnodinium breve, Gambierdiscus toxicus, Gonyaulax, Noctiluca scintillans
Chlorophyta : Ganggan Hijau
  • Pigmen dominan : Klorofil a dan b
  • Multiseluler, uniseluler
  • Hidup di air tawar
  • Contohnya : Ulva, Chlorella, Chlorococcum, Chlamydomonas, Volvox, Gonium dll
  • Reproduksi aseksual : Membelah diri, pembentukan spora, dan fragmentasi
Phaeophyta : Ganggang Pirang / Ganggang Coklat
  • Pigmen dominan : Fukosantin
  • Cadangan makanan disimpan dalam laminarin
  • Reproduksi aseksual : Fragmentasi
  • Reproduksi seksual : Isogami, anisogami, dan oogami
  • Contohnya : Sargassum, Laminaria, Turbinaria, fucus vesiculosus, Macrocystis, Nereocystis, dan Hormosira
Rhodophyta: Ganggang Merah
  • Pigmen dominan : Fikoeritrin
  • Cadangan makanan : Tepung florid
  • Reproduksi aseksual : Spora
  • Reproduksi seksual : Oogami
  • Contoh : Euchema spinosum, Gelidium robustum, Chondrus crispus, Gigartina mammilosa, Gracillaria verrucosa dll
Manfaat gangang bagi manusia :
  1. Chlorella, Suplemen bergizi tinggi sebagai Protein Cell Tunggal 
  2. Ulva, Caulerpa, dan Enteromorpha, Sumber makanan berupa sayur
  3. Ganggang merah, penghasil gelatin untuk pembuatan agar-agar
  4. Ganggang keemasan, bahan peledak, bahan penggosok
  5. Ganggan coklat, Pupuk pertanian
  6. Laminaria digitalis, Penghasil yodium untuk obat penyakit gondok
  7. Macrocystis dan Laminaria, Penghasil asam alginat

FUNGI (JAMUR)
Ciri-ciri jamur :
  • Eukariotik yang memiliki dinding sel
  • Tidak memiliki klorofil
  • Makanannya berupa bahan organik yang diperoleh dari lingkungannya, baik dari mahkluk hidup lain atau dari sisa mahkluk hidup
  • Dinding sel tersusun dari kitin
  • Beberapa memiliki zat warna, seperti Amanita muscaria
  • Jamur multiseluler memiliki sel-sel memanjang berupa benang-benang (hifa)
  • Hifa pada jenis jamur tertentu memiliki sekat antar-sel yang disebut septum
  • Hifa tanpa sekat : Hifa senositik
  • Hifa jamur bercabang-cabang dan berjalin membentuk miselium
  • Miselium vegetatif : Menyerap makanan
  • Miselium generatif : Alat reproduksi, menghasilkan spora
  • Melakukan pencernaan secara ekstraseluler atau di luar tubuh jamur
  • Bersifat heterotrof
Berdasarkan cara memperoleh makanannya :

  1. Saprofit : Memperoleh zat organik dari sisa-sisa organisme mati dan bahan tak hidup. Sebagai pengurai (dekomposer) utama
  2. Parasit : Memperoleh zat organik dari organisme hidup lain. Merugikan organisme inangnya karena dapat menyebabkan penyakit
  3. Simbiosis mutualisme : Hidup saling menguntungkan dengan organisme lain. Contohnya : Jamur bersimbiosis dengan ganggang hijau biru membentuk lumut kerak dan jamur yang bersimbiosis dengan akar tanaman tingkat tinggi membentuk mikoriza
Habitatnya :
  1. Tempat basah/lembab di daratan
  2. Organisme/sisa-sisa organisme di laut/air tawar
  3. Lingkungan asam
  4. Konsentrasi gula tinggi
Reproduksi aseksual :
  1. Pembentukan kuncup/tunas pada jamur uniseluler
  2. Pemutusan benang hifa (fragmentasi miselium) pada jamur uniseluler
  3. Pembentukan spora aseksual (spora vegetatif) pada jamur multiseluler.
Spora aseksual berupa :
  1. Sporangiospora : Dihasilkan dari pembelahan mitosis sel dalam kotak spora (sporangium) yang terdapat pada ujung sporangiofor (struktur yang mendudukung sporangiofor)
  2. Konidiospora : Dihasilkan dari pembelahan mitosis sel pada ujung konidiofor (penudukung konidia) dimiliki oleh kelompok jamur Deuteromycotina 
Reproduksi seksual : Pembentukan spora seksual yang dihasilkan secara singami (penyatuan sel/hifa yang berbeda jenis) terbentuk : 

  1. Zygospora - Zygomycotia
  2. Ascospora - Ascomycotina
  3. Basidiospora - Basidiomycotina
Maka spora generatifnya bisa digunakan untuk dasar Klasifikasi Jamur ini 

Klasifikasi berdasarkan cara reproduksi seksualnya :


Zigomycota :

1. Hifa tak bersekat
2. Hifa berdiferensiasi membentuk sporangium
3. Alat reproduksi seksual : Zigosporangium yang berdinding tebal dan bewarna kehitaman
4. Tidak memiliki tubuh buah
5. Habitatnya :
  • Merupakan jamur terestrial (daratan)
  • Saprofit pada makanan/pada sisa tumbuhan dan hewan
  • Parasit pada manusia dan tumbuhan
  • Bersimbiosis saling menguntungkan dengan organisme lain
6. Reproduksi aseksualnya : 
  • Fragmentasi miselium atau pembentukan spora aseksual (spora vegetatif) yang dihasilkan oleh sporangium

Peranan Zygomycotina dengan Contohnya :
  1. Rhizopus oryzae : Pembuatan tempe
  2. Mucor javanicus : Pembuatan tape
  3. Rhizopus stolonifer, Rhizopus nigricans, Mucor mucedo, Pilobolus : Pengurai saproba sisa organisme/bahan yang terbuat dari produk organism
Ascomycota :

§ Sebagian besar multiseluler, uniseluler (Saccaromyces cerevisiae)


§ Yang multiseluler hifanya bersekat


§ Alat reproduksi aseksualnya : Hifa yang berdiferensiasi membentuk konidiofor


§ Alat reproduksi seksualnya : Askus


§ Tubuh buah pada Ascomycota : Askokarp


§ Peranannya :


§ Saccharomyces cerevisiae : Pembuatan roti dan minuman beralkohol (mengubah gula menjadi alkohol (etanol) dan karbon dioksida)


§ Saccharomyces ellipsoideus : Pembuatan wine dari buah anggur


§ Saccharomyces tuac : Pembuatan tuak dari air nira


§ Neurospora crassa : Oncom


§ Morchella esculenta dan Sarcoscypha coccinea : Tubuh buahnya dapat dimakan


§ Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum : Antibiotik


§ Penicillium camembertz dan Penicillium roqueforti : Keju


c) Basidiomycota :


§ Jamur multiseluler hifanya bersekat


§ Tubuh buah pada Basidiomycota : Basidiokarp


§ Alat reproduksi seksualnya : Basidiospora


§ Reproduksi aseksualnya : Membentuk spora konidia


§ Peranannya :


- Jamur kuping (Auricularia polytricha), jamur merang (Volvariella volvacea), dan jamur shitake (Lentinula edodes) : Dapat dimakan tubuh buahnya


- Jamur kayu (Ganoderma) : Obat/makanan suplemen


Yang merugikan :


- Jamur karat (Puccinia graminis) : Parasit pada daun tanaman pertanian


- Punnicinia arachidis : Parasit pada tanaman kacang


- Ustilago maydis : Parasit pada jagung


- Amanita ocreata dan Amanita phalloides : Beracun dan mematikan bila dimakan


- Amanita muscaria : Menyebabkan halusinasi bila dimakan


d) Deuteromycetes :


§ Bukan kelompok jamur sebenarnya dalam klasifikasi jamur


§ Setiap jenis jamur sudah diidentifikasi tetapi belum diketahui reproduksi seksualnya dikelompokkan dalam deuteromycetes (jamur tidak sempurna)


§ Jika cara reproduksi suatu jenis jamur Deuteromycetes diketahui, jamur tersebut akan dikelompokkan ulang menjadi anggota salah satu divisi jamur Zygomycota, Ascomycota, atau Basidiomycota


Lumut kerak :


1. Bentuk kehidupan saling menguntungkan antara jamur dan organisme fotosintetik


2. jamur dalam lumut kerak umumnya adalah Ascomycota dan Basidiomycota, sedangkan organisme fotosintetiknya adalah Cyanobacteria/ganggan hijau uniseluler


3. Jamur memperoleh hasil fotosintesis dari Cyanobacteria


4. Jamur bertugas menjaga ketersediaan air bagi Cyanobacteria


5. Cyanobacteria memperoleh nutrien untuk fotosintesis yang diserap oleh jamur dari lingkungan


6. Reproduksi aseksual : Fragmentasi badan vegetatif (talus) atau dengan soredia


7. Reproduksi seksualnya : Jika yang bersimbiosis adalah Ascomycota dan Basidiomycota yang menghasilkan askospora dan basidiospora


Mikoriza :


1. Simbiosis mutualisme antara jamur dan akar tumbuhan tingkat tinggi


2. Jamur memperoleh senyawa organik


3. Tumbuhan memperoleh air dan mineral (terutama fosfor) yang diserap oleh jamur dari dalam tanah, jamur juga menyediakan hormon pertumbuhan tertentu yang melindungi akar tumbuhan terhadap infeksi mikroorganisme


INI BISA DIGUNAKAN REFRENSI BACAAN KETIKA SULIT MENJAWAB OK















No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL