Saturday, December 10, 2016

SOAL BIOLOGI KOORDINASI SARAF ESSAY



Predict 1
A person has constipation that causes distention and painful cramping in the colon (part of the large intestine). What kind of pain would be experienced (local or diffuse) and where would it be  perceived? Explain.
Jawab:
Rasa sakit yang ditimbulkan akibat peradangan usus adalah rasa sakit yang apabila terjadi akan menyebar ke organ lain. Rasa sakit hanya akan terjadi di bagian usus saja.

Predict 2
Why does food not taste as good when a person has a cold?
Jawab:
Ketika flu rasa makanan tidak seenak saat kita tidak flu disebabkan karena kurangnya suplai udara yang masuk, karena disebabkan saluran udara di hidung tertutup lendir.

Predict 3
Explain why it is often possible to smell (or “taste”) medications, such as eyedrops, that have been placed into the eyes.
Jawab:
Karena saraf-saraf mata,hidung dan lidah saling berhubungan.

Predict 4
In dim light, colors seem to fade and objects seem to become colored as shades of gray. Explain this phenomenon.
Jawab:
Saat cahaya redup warna yang kita lihat terlihat kabur dan benda-benda terlihat hanya seperti bayangan kelabu disebabkan kurangnya cahaya yang berfungsi sebagai pemantul dari benda-benda disekitar kita agar dapat ditangkap oleh mata kita.

Predict 5
What change occur, as you are driving a car, when you look down at the speedometer, and then back up at the road?
JAWAB          :
Tiga lapisan jaringan atau selaput yang membungkus bola mata dari luar ke dalam , salah satunya yaitu: Sklera, tersusun oleh jaringan ikat yang kuat,liat dan putih serta melengkung.sklera berfungsi membantu melindungi bagian-bagian dalam dan mempertahan kan kekakuan bola mata.Bagian depan sklera membentuk struktur tembus cahaya yang disebut kornea.
Bola mata kita memiliki otot mata, ada 6 otot mata yang berfungsi memegang sklera. 4 diantara nya disebut otot reflus ( rektus inferior, rektus superior, rektus eksternal, & rektus internal ). Otot rektus berfungsi menggerak kan bola mata kekanan, kekiri,keatas & ke bawah. 2 lain nya adalah otot obliq atas/superior & otot obliq bawah/inferior.Maka otot ini yang membantu pergerakan mata dari atas ke bawah seperti saat menyetir mata melihat spidometer dan jalan secara bergantian.

Predict 6
Why is it that when you hear a faint sound, you turn head toward it?
JAWAB          :
            Ketika mendengar suara yang samara-samar, secara spontan kita akan menoleh ke sumber suara tersebut, ini dikarenakan ketika suara terdengar oleh telinga, maka impuls akan mengirimkan rangsangan ke otak, lalu otak menerima dan memberikan perintah melalui sel saraf pada mata, sehingga otot penggerak mata akan menggerakkan mata kea rah sumber suara.

REVIEW AND COMPREHENSION

1.      Define the stimulous and sensation!
JAWAB          :
            Stimulous adalah rangsangan, rangsangan merupakan suatu keadaan, baik dalam bentuk sentuhan, suara, penglihatan dan lain-lain, jika rangsangan ini diterima, maka rangsangan akan diterusakan oleh saraf sensorik dan dibawa ke otak, lalu melalui saraf motorik akan memberikan respon dari rangsangan tersebut.
            Sensation merupakan indera, pada hewan, terdiri dari beberapa indera, yaitu mata, hidung, telinga, kulit dan lidah. Indera ini memiliki fungsi dan dapat memberikan tanggapan dari masing-masing rangsang yang diterimanya.

2.      List and describe the receptors associated with the general senses!
JAWAB          :
Reseptor yang bekerja-sama dengan indera adalah saraf.
3. Jelaskan bagai mana terjadinya rasa sakit dan bgaimana itu berubah.
Jawab:
Pain (rasa sakit) adalah karateristik penggabungan antara persepsi yang tidak jelas dan pengalaman emosi. Sensasi rasa sakit yang dangkal di kulit difungsikan sebagai hasil stimulus dari reseptor perasa sakit dan tactile perasa sakit. Sensasi rasa sakit dapat mempengaruhi system control bagian yang besentuhan dengannya. Akson sensori dari penerima rangsangan akan berhubungan dengan sistem saraf. Ketika akson tersebut disentuh maka ia akan merangsang saraf perasa sakit dan meneruskan rangsanga tersebut keotak. Kemudian rangsangan diterjemahkan sehingga membuat kita untu bergerak refleks.

4. Definisi dan jelaskan reffered pain dan phantom pain
Jawab:
Reffered pain adalah sensasi perasa sakit saat awal sampai mula-mula di suatu daerah tubuh tak bersumber dari stimulus rasa sakit. Referred pain sering dipakai sebagai diagnosa dalam mendeteksi rasa sakit karena stimulus perasa sakit. Pantom pain terjadi pada orang-orang yang memiliki anggota badan yang mengalami pemotongan.

5. Jelaskan proses yang berhubungan dengan produksi molekul udara terhadap tanggapan bau.
Jawab:
Indra pembau disebut dengan olfaksi. Udara yang berbau larut di atas permukaan otot dari epitelium dan melekat ke molekul reseptor yang berada diatas membran dari cilia khusus. Bau pertama terlarut di cairan dan disebarkan kedalam reseptor pembau. Secara alami dan menempati dari interaksi yang rumit. Dalam perjalanan gabungan dari beberapa bau dengan reseptor mengakibatkan neuron pembau berdadapan dan kita merasakan bau.

6. Bagaimana indra perasa berhubungan dengan indra pembau?
Jawab:
Indra perasa berhubungan dengan indra pembau karena adanya ruang antara yang menghubungkan keduannya.

7. Apakah ada 5 rasa utama? Bagaimana mereka memproduksi banyak jenis sensasi rasa yang berbeda?
Jawab:
Ada yaitu Asin, manis, asam, pahit dan enak. Hal tersebut karena adanya saraf yang bekerja yang mengakibatkan banyak rasa yang dapat terjadi di lidah.

8. Jelaskan struktur dan fungsi mereka: alis mata, kelopak mata, konjuctiva, aparatus lakrimal, dan otot mata luar.
Jawab:
Alis mata : melindungi mata dengan mencegah keringat yang dapat mengiritasi mata, alis jnuga menolong bagian mata agar tidak langsung kena cahaya matahari. Kelopak mata: melindungi mata dari benda-benda asing. Jika ada benda yang akan masu kemata maka kelopak dengan sekitika akan mengedip untuk mengamankan bagian dalam mata Konjuktiva : merupakan membran mucus yang transparan dan tipis, menutupi bagian dalam permukaan kelopak mata dan bagian depan permukaan mata. Aparatus lakrimal : dihasilkan dari kelenjar lakrimal yang berlokasi di bagian pojok atas tulang orbital dari lekukan dan pembuluh nasolacrimal berhubungan dengan struktur di bagian bawah tulang orbital. Otot mata luar untuk mengatur kontraksi bola mata atau menggerak-gerakkan bola mata.

9.   Name of three layer ( tunic ) of the eye. Describe the structure composing each  layer, and explain the function of these structures!
JAWAB          :
Mata terdiri atas tiga lapisan yaitu            :
·         lapisan dalam, yaitu saraf yang sensitive cahaya, retina
Retina ,merupakan lapisan terdalam yang tersusun oleh sel-sel reseptor batang (bacillus) dan sel-sel reseptor kerucut (konus). Retina merupakan bagian mata yang paling pekat terhadap cahaya, sel-sel yang peka ini terletak di bagian belakang retina dan arah nya membelakangi sumber cahaya
·         lapisan tengah bervaskuler dan berpigmen, lapisan coroid
Koroid, selaput ini dari dalam dilapisi oleh selaput jala yang mengandung sel-sel indra yang amat rentan terhadap cahaya yang semua nya berguna untuk indra penglitah dalam arti khusus.pada lapisan koroid banyak mengandung pembuluh darah dan pigmen berwarna hitam.lapisan koroid dapat menyerap cahaya yang masuk ke dalam mata.
·         lapisan pembungkus luar, yang disebut sklera
Sklera, tersusun oleh jaringan ikat yang kuat,liat dan putih serta melengkung.sklera berfungsi membantu melindungi bagian-bagian dalam dan mempertahan kan kekakuan bola mata.Bagian depan sklera membentuk struktur tembus cahaya yang disebut kornea .Kornea dilindungi oleh suatu selaput yang di sebut konjungtiva. Pada kornea tidak di temukan pembuluh darah seperti hal nya pada aqueus humor,vitreous humor,dan lensa mata.

10. Describe the three chambers of the eye, the substance that fill each, and the function of the substances
JAWAB          :
·         Anterior chamber
·         Posterior chamber
Anterior dan posterior chamber are filled by aqueous humor, the humor keep the eye invlated.
·         Vitreous chamber
It filled by vitreus humor, it helps maintain pressure within the eye and holds lens and the retine in place. It also function to refract the light and the inner surface of the eye

11. Describe the lens of the eye and how it is held in place.
JAWAB          :
The lens is held in place by the suspensory ligament, which are attached to the smooth muscles of the cilliary body

12. Describe the arrangement of cones and rods in the forea centralis and in the periphery of the eye.
JAWAB          :
Retina ,merupakan lapisan terdalam yang tersusun oleh sel-sel reseptor batang ( bacillus ) dan sel-sel reseptor kerucut ( konus ). Retina merupakan bagian mata yang paling pekat terhadap cahaya, sel-sel yang peka ini terletak di bagian belakang retina dan arah nya membelakangi sumber cahaya

13. What is the blind spot of the eye, and what cause it.
JAWAB          :
·         Miopi
Miopi atau mata dekat adalah cacat mata yang di sebabkan oleh bola mata yang terlalu panjang, sehingga bayang-bayang dari benda yang jaraknya jauh akan jatuh di depan retina pada mata dekat ini orang tidak dapat melihat benda yang jauh, mereka hanya dapat melihat benda yang jarak nya dekat.
Untuk cacat seperti ini penderita dapat ditolong dengan lensa cekung (-), miopi biasa terjadi pada anak-anak
·         Hipermetropi
Hipermetropi atau mata jauh dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa yang disebabkan kornea bola mata terlalu pendek sehingga bayang-bayang jatuh di belakang retina. Penderita Hipermetropi dapat di tolong dengan menggunakan lensa cembung (+)
·         Presbiopi
Presbiopi atau cacat mata tua,di sebabkan karena proses penuaaan yang disebab kan karena elastisitas lensa berkurang.penderita presbiopi dapat di bantu dengan lensa rangkap

14. What causes the pupil to constrict and dilate?
JAWAB    :
Ukuran pupil berubah-ubah sesuai dengan perubahan kondisi cahaya, berdilatasi pada gelap dan berkontraksi pada cahaya terang sehingga mencegah stimulasi berlebihan terhadap retina.Ukuran pupil diatur oleh kontraksi serat-serat otot dilator radialis dan konstrikteor sirkularis di iris. Serat-serat ini dipersarafi oleh saraf parasimpatis dari saraf cranial ketiga.

15. What causes the light to refract ? what is focal point ?
       Karakteristik penting dari cahaya adalh mereka dapat dibelokkan. Keika cahaya dari udara melewati benda lain , maka akan dibelokkan Ketika cahaya jatuh pada ensa konkaf maka cahaya akan disebarkan , sedangan jika cahaya jatuh pada lensa konveks maka cahaya akan dikumpulkan.Kekika cahay disebarkan maka disatu titik cahaya tersebut akan bertemu dan titik pertemuan ini disebut titik api.

16. Define accommodation .What does accommodation accomplish ?
       Akomodasi yaitu keadaan lensa mata yang mampu memipih atau mencembung.Ketika mata melihat benda jauh , maka lensa mata akan memipih, sedangkan ketika lensa mata elihat benda yang dekat , maka akan mncembung.Kerja ini dibantu oleh otot siliaris.

17. Name the three region of the ear , name the structure found in each region and state the function of each structure
            Telinga terdiri atas tiga bagian yaitu, telinga luar , telinga tengah dan telnga dalam.Telinga luar terdiri dari daun telinga , lubang telinga luar dan membrane timpani.Daun telinga berfungsi untuk menangkap gelombang suara.Sedangkan membrane timpan berfungsi untuk memperbesar getaran suara. Telinga tengah terdiri dari tulang-tulang pendengaran yang terdiri atas tulang martil , tulang landasan , dan sanggurdi.tulang sanggurdi berfungsi untuk menghubungkan rongga telinga tengah dan mulut. Telinga dalam terdiri atas koklea dan alat keseimbangan

18. Describe the relationship between the tymphatic membrane the ear ossicles and the oval window of the inner ear
     Gelombang suara ditangkap oleh daun telinga dan akan sampai pada membrane tympani serta menggetarkan membrane timpani .Getaran ini mengakibatkan getaran dari tiga tulang bagian telinga tengah , dan pada akhirnya  getaran ini  akan sampai pada tingkap oval telinga bagian dalam.

19. Descrbe the structure of coclea
     Koklea terdiri atas rumah siput , dan organ korti. Organ korti terdir atas ruang skala vestibuli , skala media , dn skal timpani .Pada skala media terdapat ujung – ujung saraf pendengaran atau rambut rabut pendengaran yang mampu menerima frekuensi suara dari 20Hz – 20000 Hz.

20. Starting with the auricularie , trace sound into the inner ear to the point at which action potentials are generated in the vestibulocochlear nerve
     Suara yang diangkap oleh daun teling diteruskan melalui lubang telinga luar dan menggetarkan membrane timpani. Getaran dari membrane timpani diteruskan oleh tulang pendengaran yang terdiri atas tulang martil , tulang landasan dan tulang sanggurdi , kemudian diterima oleh tinkap oval .Getaran dari tingkap oval diteruskan ke koklea dan diterima oleh organ korti pada bagian skala media dan diteruskan ke saraf audiorius .

.
22. Apa fungsi dari saluran setengah lingkaran? Jelaskan ampullaris crista dan modus operasinya.
Jawab:
Fungsi semicircular canals pada telinga adalah  bertugas mengatur keseimbangan pada telinga dan melindungi telinga dari gangguan virus yang menyerang organ tersebut.  Apabila ada  virus yang menyerang organ tersebut , Penderitanya tak mampu berdiri tegak.
Pengertian krista ampularis adalah organ sensor rotasi terletak di saluran setengah lingkaran pada telinga bagian dalam. Fungsi ampullaris crista adalah rasa percepatan sudut dan perlambatan.

Critical Thinking
1.      Seorang lansia dengan penglihatan normal dikembangkan katarak. ia dirawat dengan cara  pembedahan dengan membuang lensa mata. Kacamata jenis apa yang anda rekomendasikan untuk mengkompensasi untuk menghilangkan lensanya?
Jawab:
Tidak ada kaca mata khusus untuk penderita katarak Yang bisa dilakukan adalah mengganti Lensa mata yang keruh  dengan lensa buatan yang ditanam. Saat ini yang biasa dilakukan adalah tehnik EKEK (Ektrasi Katarak Ekstra Kapsuler) atau biasa disebut small insisi dengan satu sampai tiga jahitan.

2.      Dalam perjalanan berkemah, penonton bintang mengagumi semua bintang yang bisa dilihat di langit di malam hari. dia melihat sekelompok kecil bintang redup di tepi penglihatannya. ketika dia memandang langsung pada bagian langit. Namun, dia tidak bisa melihat kelompok itu. ketika dia melihat lihat mereka. jelaskan apa yang terjadi.
Jawab:
Lansia tersebut mengalami Degenerasi Makula yaitu suatu keadaan dimana makula mengalami kemunduran sehingga terjadi penurunan ketajaman penglihatan dan kemungkinan akan menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan sentral.

3. Skin divers are subject to increased pressure as they descend toward the bottom of the ocean. Sometimes this pressure can lead to damage to the ear and loss hearing. Describe the normal meachanisms that adjust for changes in pressure . explain how increased pressure cause reduced hearing and suggest at least one other common condition that might interfere with this pressure adjustment.
Jawaban :
       Hal ini timbul akibat adanya perubahan tekanan yang tiba-tiba di luar telinga tengah, sewaktu di menyelam ke dalam laut, yang menyebabkan tuba eustachius gagal untuk membuka. Terjadinya perbedaan tekanan udara inilah sebagai pemicu beragam keluhan terhadap pendengaran. Untuk memperkecil kemungkinan terjadinya aerotitis, amatlah penting dipikirkan suatu upaya untuk menyamakan tekanan udara dalam kavum timpani dan udara luar. Secara alami, fungsi ventilasi ini telah dijalankan oleh suatu saluran berbentuk corong yang membuka ke arah nasofaring dan kavum timpani yang dikenal sebagai tuba eusthacius.
Akan tetapi, ada beberapa keadaan yang dapat mengganggu proses terbukanya tuba yang pada anak-anak cenderung kedudukannya lebih horizontal, misalnya infeksi pada tenggorokan atau hidung, radang adenoid, atau tumor nasofaring. Saluran sepanjang 31-38 mm pada orang dewasa dan hanya 17,5 mm pada anak-anak tersusun dari jaringan tulang rawan dan tulang. Beberapa fungsi penting yang dilakukannya selain berperan untuk ventilasi antara lain drainase sekret, menghalangi masuknya sekret ke telinga tengah, serta menyeimbangkan tekanan udara pada seluruh sisi membran timpani (genderang telinga).
Kerusakan pendengaran misalnya barotrauma umumnya terjadi sesaat setelah menyelam lebih ke dasar laut sehingga akan terjadi perubahan tekanan udara yang tiba-tiba, dimana akan timbul tekanan positif pada rongga telinga tengah dan negatif pada bagian luar membran timpani. Hal ini akan menimbulkan penonjolan keluar dari genderang telinga (bulging). Di sinilah sangat dibutuhkan fungsi normal tuba eusthacius untuk dapat mengalirkan udara yang terperangkap di telinga tengah keluar melalui nasopharynx.

4. If vibrating tuning fork is placed againts the mastoid process of the temporal bone, the vibrations are preceived as sound , even if the external acoustic meatas is plugged . Explain how this happens!
Jawaban :
  Bunyi memasuki telinga melalui kanalis auditorius ekternus dan menyebabkan membrana timpani bergetar Getaran menghantarkan suara, dalam bentukm energi mekanis, melalui gerakan pengungkit osikulus oval. Energi mekanis ini kemudian dihantarkan cairan telinga dalam ke koklea, di mana akani menjadi energi elektris. Energi elektris ini berjalan melalui nervus vestibulokoklearis ke nervus sentral, di mana akan dianalisis dan diterjemahkan dalam bentuk akhir sebagai suara.
Selama proses penghantaran,gelombang suara menghadapi masa yang jauh lebih kecil, dari aurikulus yang berukuran sampai jendela oval yang sangat kecil, yang mengakibatkan peningkatan amplitudo bunyi.
5. The main way that people catch colds is through theirs hands. Afther touching an object contaminated with the cold virus, the person transfers virus the nasal cavity where it causes an infaction . Other than the obvious entry of the virus through the nose, how could the virus get into the nasal cavity?
Jawaban :
     Penularan macam ini ada 2 cara:
(1)Benih-benih penyakit terdapat dalam titik-titik cairan yang dikeluarkan dari hidung atau
mulut waktu penderita batuk,berbicara atau bersin;cara infeksi ini disebut infeksi titik ludah (droplet infection).Benih-benih penyakit itu mudah hilang dari udara, jatuh ke tanah karena beratnya.
(2) Cara yang ke-2 disebut infeksi debu (airbone infection).Pada cara ini benih-benih  penyakit terdapat di udara.Benih-benih itu asalnya dari benih-benih yang terdapat dalam ludah yang sudah jatuh ke tanah dan mendebu.Karena sangat halus dan ringannya, benih itu dapat berada dalam udara untuk sementara waktu. Menurut penyelidikan yang akhir-akhir,sinarsinar ultra ungu dapat membunuh benih benih penyakit yang terdapat dalam udara.

No comments:

Support web ini

BEST ARTIKEL