Showing posts with label PELAJARI INI UN BIOLOGI 2014. Show all posts
Showing posts with label PELAJARI INI UN BIOLOGI 2014. Show all posts

Thursday, March 27, 2014

PELAJARI INI UN BIOLOGI 2014

Meski ini dibuat tahun lalu namun justru ini yang lebih Available untuk dipakai di Ujian Nasional Biologi 2015 OK
Ini saya berika Jadwal yang udah pasti untuk Un April 2015 nanti



Ini saya postingkan informasi apa saja sih yang ditanyakan di UN maupun US untuk biologi SMA OK. semoga berguna

  1. Indikator 1 : menjelaskan contoh permasalahan biologi pada objek/bidang tertentu dan menemukan solusinya
  2. Indikator 2 : mengidentifikasi  ciri-ciri jenis/kelompok protista tertentu
  3. Indikator 3 : identifikasi peran eubacteria bagi kehidupan manusia
  4. Indikator 4 : menentukan dasar pengelompokkan makhluk hidup utamanya invertebrate (kingdom- kelas)
  5. Indikator 5 : menjelaskan tujuan pelestarian keanekaragaman hayati tertentu (in situ, ex situ: Taman nasional, hutan wisata, cagar alam, kebun raya, dsb), sumber daya alam.
  6. Indikator 6 : menjelaskan jenis/ kelompok tumbuhan tertentu (Bryophyta, Pteridophyta, Spermatophyta:kingdom-kelas)
  7. Indikator 7 : mengidentifikasi cara perkembangbiakan invertebrata (Echinodermata, Platyhelminthes, Arthropoda)
  8. Indikator 8 : Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan (vertebrata: Sub.kingdom – kelas)
  9. Indikator 9 : Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem (peran/kedudukan organism dalam jarring-jaring makanan tertentu)
  10. Indicator 10: menjelaskan proses daur biogeokimia tertentu (C, H O, N, S, P, H2O: proses dan hasil)
  11. Indicator 11 : Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan (Global warming, penipisan ozon, turunnya produksi, eutrofikasi, polusi, perubahan fungsi lingkungan,dll)
  12. Indicator 12 : Menjelaskan proses pengangkutan lewat membrane sel (Proses: difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
  13. Indicator 13: Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan tertentu
  14. Indicator 14: Mengidentifikasi macam-macam jaringan hewan sesuai fungsinya
  15. Indicator 15: menjelaskan mekanisme gerak otot (dinamika senyawa aktomiosin, zona H, zona Z saat kontraksi/relaksasi)
  16. Indikator 16: Menjelaskan gangguan sistem peredaran darah (kekurangan/ kelebihan sel darah, penyakit-penyakit, dll)
  17. Indikator 17: Menjelaskan sistem pencernaan kimiawi makanan pada manusia (macam bahan makanan, organ pencernaan, macam enzim, dan hasil mencerna)
  18. Indikator 18: Menjelaskan macam pernapasan dan volume udara pernafasan
  19. Indikator 19: Menjelaskan sistem ekskresi (struktur: nefron,fungsinya dan  mekanisme pembentukan urin)
  20. Indikator 20: Menjelaskan mekanisme impuls  saraf (gerak reflex-biasa)
  21. Indicator 21: Menjelaskan mekanisme pembentukan ovum/mestruasi/ pembentukan sperma dan fungsi organ reproduksi
  22. Indicator 22: Menjelaskan mekanisme pembentukan antibodi
  23. Indicator 23: Mengintepretasi hasil percobaan factor-faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (data (tabel, grafik) – desain percobaan: variabel - - hipotesis – kesimpulan.
  24. Indicator 24:  Menjelaskan ciri-ciri enzim/kinerja dalam proses metabolisme (struktur/cirri-ciri  enzim, kinerja  enzim berdasarkan data percobaan/gambar/grafik)
  25. Indicator 25: Menjelaskan proses respirasi aerob ( proses metabolism karbohidrat : glikolisis, dekarboksilasi oksidatif,  siklus krebs, transport elektron)
  26. Indicator 26: Menjelaskan hasil-hasil proses respirasi aerob( hasil dari proses glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krebs, transport electron)
  27. Indicator 27: Menjelaskan tahapan proses fotosintesis (stuktur kloroplas, fotosistem dan fungsinya, proses dan produk reaksi terang-gelap)
  28. Indicator 28: Menjelaskan proses respirasi anaerob (proses-hasil pebentukan alkohol, asam laktat)
  29. Indicator 29: Menentukan struktur nukleotida DNA, RNA
  30. Indicator 30: Menjelaskan proses sintesis protein (Urutan sintesis protein: transkripsi, translasi)
  31. Indicator 31: Menjelaskan tahap pembelahan mitosis/meisos (perubahan yang terjadi pada organel yang terlibat dalam reproduksi sel: nucleus, sentriol, kromosom, dll)
  32. Indicator 32: Mengintepresikan persilangan Hk Mendel (Mono-dihibrida pada organism: Rasio macam keturunan, jumlah individu)
  33. Indikator 33: Mengintepretasi persilangan penyimpangan semu Hk. Mendel (Atavisme, polimeri, kriptomeri, epistasis-hipostasis: Rasio macam keturunan, jumlah individu)
  34. Indicator 34 : Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia (albino, cacat mental, hemophilia, butawarna: rasio keturunan tertentu)
  35. Indicator 35: Mengidentifikasi peristiwa mutasi kromosom (set, sindrom, aberasi)
  36. Indicator 36: Teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya (abiogenesis, biogenesis, evolusi biologi, evolusi biokimia)
  37. Indicator 37: Menjelaskan prinsip-prinsip penting mekanisme evolusi (Prinsip evolusi Darwin, Lamarck, Wallace, Hardy Weinberg, proses spesiasi: isolasi geografi, isolasi reproduksi, hasil-hasil eksperimen yang mendukung mekanisme evolusi)
  38. Indicator 38: Menjelaskan peran bioteknologi: prinsip dasar teknologi, proses dan hasil konvensional-modern
  39. Indikator 39: Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/modern: bahan, proses teknik,mikroorganisme dan produk
  40. Indicator 40: Menjelaskan Dampak pemanfaatan bioteknologi bagi MASLING: dampak-implikasi produk dan teknologi yang digunakan
CONTOH SOAL DIAMBIL DARI SINI COCOKIN INDIKATORNYA ENTAH ITU SOAL UN TAHUN APA SAJA ......MENCARINYA DI FILE ARTICLE BIOLOGI SEARCH DI BLOG INI KETIK UN ATAU TRY OUT  ....AKAN BERDERET DERET RIBUAN SOAL HAHA AMBIL - COPY PASTE KELOMPOKKAN SESUAI INDIKATORNYA ATAU LANGSUNG ...NGGAK COCOK LEWATIN ....KAYAKNYA 100 DEH BIOLOGI KARENA EMANG BLOG INI KAMI BERSUSAH PAYAH SENDIRI UNTUK ANDA YANG KEREPOTAN BIOLOGI .....SEMOGA BERMANFAAT TUHAN MEMBERKATI

NGGGAK USAH TAKUT LAGI YA DENGAN BIOLOGI - ADA BLOG PENUNTUNNYA KOK GRATIS NGGAK PERLU BEAYA UANGNYA UNTUK BELI KOPI DAN SNACK SELAGI BELAJAR SUKSES  ANAK INDONESIA - SAYA MENDOAKANMU

O IYA SAYA PESEN LAGI KALAU MAU PINGIN TIDAK LUPA DAN SOAL SATU BISA DIIKAT OLEH SOAL LAINNYA CARANYA MISAL INDIKATOR 16 BICARA SISTEM TRANSPORTASI SOAL UN TRY OUT YANG SUDAH KETEMU ITU DILIHAT AJA NO 16 NYA SEHINGGA NO 16 BISA DI CHEKLIS BISA HEHE ...JIKA ADA WAKTU KARENA SUDAH BISA SEMUA MAU AGAK LUAS CAAKUPANNYA YA CARI SOAL KHUSUS NO 16 TRANSPORTASI DI BLOG INI KAN AKAN DIDAPATKAN OK

MISAL ini ada contoh untuk indiator no 1



1.      Perkembangan Bioteknologi dewasa ini dapat membuat hormon insulin dengan rekayasa genetika. Pembuatan hormon ini bermanfaat bagi kesejahteraan manusia untuk …
A.     Mengobati gangguan pada pankreas
B.     Mendiagnosa penyakit diabetes melitus
C.     Mencegah penyakit diabetes melitus
D.     Mengobati penderita diabetes melitus
E.      Menghambat kerja kelenjar adrenalin

2.      Ilmu Biologi berkembang pesat di berbagai bidang kehidupan. Salah satu cabang Biologi yang termasuk ilmu terapan adalah bioteknologi. Contoh peranan bioteknologi di bidang lingkungan adalah …
A.     Pembuatan dan penggunaan obat sintesis
B.     Mengontrol proses kimia dalam tubuh makhluk hidup
C.     Mendeteksi penyakit yang menyerang hewan dan tumbuhan
D.     Mengendalikan penyebaran penyakit pada suatu daerah
E.      Penggunaan bakteri untuk mengurai tumpahan minyak di pantai

3.      Teknologi kultur jaringan diterapkan dalam memenuhi kebutuhan tanaman pertanian yang bermanfaat untuk …
A.     Menciptakan tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit
B.     Membentuk tanaman yang produktifitasnya tinggi
C.     Menghasilkan bibit unggul dalam jumlah banyak dengan sifat yang bervariasi
D.     Menghasilkan bibit tanaman dalam jumlah banyak dengan sifat seragam
E.      Menciptakan tanaman transgenik dengan sifat yang berbeda dari induknya

4.      Manfaat kemajuan perkembangan bioteknologi untuk mengungkap kasus kejahatan di bawah ini adalah …
A.     Identifikasi korban kejahatan melalui pemeriksaan golongan darah
B.     Visum tubuh korban untuk mengetahui jenis peluru yang ditembakkan
C.     Pemanfaatan anjing pelacak untuk menemukan narkotik yang diselundupkan
D.     Pemanfaatan anjing pelacak untuk mencari pelaku kasus pencurian
E.      Sidik DNA untuk menentukan terdakwa kasus kejahatan

5.      Dalam perkembangan ilmu bioteknologi telah ditemukan plasmid yang direkayasa dan menghasilkan senyawa vaksin untuk pembentukkan interferon dalam tubuh. Penelitian tersebut memiliki manfaat dalam bidang kedokteran untuk menangani …
A.     Pemberantasan penyakit endemik
B.     Pengobatan dan penyembuhan kanker
C.     Pembuatan obat-obat generik
D.     Pembuatan vitamin-vitamin
E.      Pencegahan penularan penyakit berbahaya

6.      Pemanfaatan ilmu biologi dalam bidang pangan tidak berdampak negatif pada lingkungan adalah .
A.     Pemberantasan hama dengan pestisida
B.     Penanaman dengan sistem monokultur
C.     Hibridisasi untuk mendapatkan bibit unggul
D.     Penggunaan pupuk kimia
E.      Ekstensifikasi melalui ladang berpindah

7.      Taksonomi, anatomi, dan fisiologi tumbuhan merupakan cabang ilmu biologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk …
A.     Mengembangkan industri jamu sebagai alternatif obatobatan herbal
B.     Menemukan vaksin dan antibiotik dari tumbuhan
C.     Mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada manusia
D.     Memproduksi jenis makanan yang bernilai gizi tinggi
E.      Mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit

8.      Perkembangan ilmu biologi molekuler di bidang peternakan melalui teknik fertilisasi in vitro bermanfaat untuk …
A.     Pemenuhan pangan berupa protein
B.     Mencegah penularan penyakit
C.     Pembuatan biogas
D.     Menghasilkan antibiotika
E.      Membuat hewan tahan penyakit

KUNCI JAWABAN
1. C 2. E 3. D 4. E 5. B 6. C 7. A 8. A









TRY AGAIN












LATIHAN LAGI YA








video

Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
  1. Agronomi, ilmu yang mempelajari tentang tanaman budidaya
  2. Anatomi atau ilmu urai tubuh, ilmu yang mempelajari tentang bagianbagian tubuh
  3. Anatomi Perbandingan, ilmu mengenai persamaan dan perbedaan anatomi dari makhluk hidup
  4. Antropologi biologi, ilmu yang mempelajari penelitian biologis dan budaya tentang keanekaragaman manusia, evolusi manusia, dan pembandingan anatomi, perilaku, sejarah, dan ekologi primat di masa lampau dan kini
  5. Arachnologi, ilmu yang mempelajari tentang laba-laba
  6. Biologi Evolusioner, ilmu yang mempelajari asal-usul spesies yang memiliki nenek moyang sama, dan penurunan spesies, serta perubahan, pertambahan, dan diversifikasinya sejalan dengan waktu
  7. Biologi Konservasi, studi tentang pelestarian, perlindungan, dan restorasi lingkungan alam, ekosistem alami, vegetasi, dan satwa liar
  8. Biogeografi, cabang dari biologi yang mempelajari tentang keaneka ragaman hayati berdasarkan ruang dan waktu
  9. Biostatistika/Biometri , (gabungan dari kata biologi dengan statistika; kadang-kadang dirujuk sebagai biometri atau biometrika) adalah penerapan ilmu statistika ke dalam ilmu biologi
  10. Bioteknologi, cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa
  11. Dermatologi, ilmu yang mempelajari kulit dan penyakitnya
  12. Ekologi, ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya 
  13. Endokrinologi, ilmu yang mempelajari tentang hormone
  14. Entomologi, Ilmu yang mempelajari tentang serangga
  15. Epidemiologi, ilmu yang mempelajari tentang penularan penyakit
  16. Etnobiologi, ilmu yang mempelajari hubungan yang dinamis antara manusia, biota, dan lingkungan dari jaman dahulu hingga sekaranz
  17. Etologi, cabang ilmu zoologi yang mempelajari perilaku atau tingkah laku hewan, mekanisme serta faktor-faktor penyebabnya
  18. Eugenetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
  19. Evolusi, ilmu yang mempelajari perubahan makhluk hidup dalam jangka panjang
  20. Filogeni, kajian mengenai hubungan di antara kelompokkelompok organisme yang dikaitkan dengan proses evolusi yang dianggap mendasarinya
  21. Fisiologi, Ilmu yang mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh
  22. Fisioterapi, Ilmu yang mempelajari tentang pengobatan terhadappenderita yang mengalami kelumpuhan atau gangguan otot
  23. Genetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
  24. Gerontologi, ilmu yang mempelajari melalui berbagai aspek terhadap proses penuaan yaitu melalui pendekatan biologis, psikologis, sosial, ekonomi, kesehatan dan lingkungan
  25. Malakologi, ilmu yang mempelajari tentang moluska 
  26. Mikobiologi, ilmu yang mempelajari tentang jamur
  27.  Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari tentang organisme mikro
  28. Morfologi, ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organisme
  29. Obstetri, ilmu kedokteran yang berhubungan dengan persalinan, hal-hal yang mendahuluinya dan gejala-gejala sisanya
  30. Onkologi, ilmu yang mempelajari tentang kanker dan cara pencegahannya
  31. Ontogeni, Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dari zigot menjadi dewasa
  32. Ornitologi, ilmu yang mempelajari tentang burung
  33. Ortopedi, ilmu yang mempelajari cedera akut, kronis, dan trauma, serta gangguan lain pada system muskuloskeletal
  34. Palaentologi, Ilmu yang mempelajari tentang fosil
  35. Patologi, ilmu yang mempelajari tentang penyakit
  36. Teratologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan formasi dari sel, jaringan, dan organ yang dihasilkan dari perubahan fisiologi dan biokimia

Perkembangan Ilmu Biologi di berbagai bidang kehidupan
Bioteknologi Pemanfaatan Bioteknologi bagi kehidupan manusia dintaranya digunakan dalam  Bidang Pertanian
1.       Pembentukan tumbuhan tahan hama
2.       Pembuatan tumbuhan yang mampu menambat nitrogen
3.       Mengendalikan serangga perusak tanaman budidaya
4.       Pembiakan tanaman unggul tahan hama
5.       Mengatasi produksi bibit yang sama dalam jangka waktu singkat
6.       Mengatasi terbatasnya lahan pertanian

Bidang Kesehatan Dalam bidang kesehatan, baik bioteknologi konvensional maupun bioteknologi modern memiliki peranan yang sangat besar.
1.       Melalui bioteknologi, berbagai produk obat-obatan, vaksin, antibodi dan hormon ditemukan, misalnya penicilin dan hormon insulin.
2.       Beberapa penyakit menurun atau kelainan genetik dapat disembuhkan dengan cara menyisipkan gen yang kurang pada penderita, cara ini dikenal dengan istilah terapi gen.
Dampak Penerapan Bioteknologi Bidang Kesehatan Produk rekayasa bidang kesehatan telah menimbulkan masalah yang serius adalah:
  1. Penggunaan insulin hasil rekayasa menyebabkan 31 orang meninggal di Inggris.
  2. Tomat Flavr Savr hasil rekayasa diketahui mengandung gen yang resisten terhadap antibiotik.
  3. Susu sapi yang disuntik hormon BGH (bovine growth hormone) atau hormon pertumbuhan sapi, disinyalir mengandung bahan kimia baru yang berpotensi membahayakan kesehatan manusia
  4. Jagung hasil irekayasa sebagai pakan unggas yang dikhawatirkan membahayakan manusia.
  5. Penyakit SARS diduga disebabkan oleh rekayasa genetika virus Corona.

Di Bidang Lingkungan Pencemaran lingkungan merupakan salah satu isu global yang marak dibicarakan saat ini. Tingginya tingkat pencemaran akan berdampak serius terhadap kelangsungan hidup umat manusia. Di bidang lingkungan, bioteknologi diantaranya berperan dalam:
  1. Menghasilkan energi berupa bahan bakar yang ramah lingkungan, misalnya etanol dan biogas (gas metana)
  2. Pengolahan berbagai macam limbah, misalnya limbah industri, limbah plastik dan pencemaran air yang disebabkan oleh minyak melalui bioremediasi
 Dampak Penerapan Bioteknologi Bidang Lingkungan Hidup Penerapan bioteknologi di bidang lingkungan hidup dapat mengakibatkan:
  1. Pencemaran biologi, karena apabila makhluk hidup transgenik lepas ke alam bebas dan kawin dengan makhluk normal dapat menghasilkan keturunan yang mutan.
  2. Penyalahgunaan hak pribadi, karena dengan rekayasa genetika perubahan genotip tidak dirancang secara alami sesuai dengan kebutuhan, melainkan menurut kebutuhan pelaku bioteknologi itu sendiri. Hal ini dapat menimbulkan peluang bahaya bagi kelestarian lingkungan hidup.

Dampak Penerapan Bioteknologi Bidang Sosial Ekonomi Dampak sosial ekonomi yang terjadi antara lain:
  1. Hak paten hasil rekayasa, swastanisasi dan konsentrasi bioteknologi pada kelompok tertentu membuat petani tradisional tidak dapat mengadakan bibit sendiri
  2. Merugikan petani kecil dan menimbulkan kesenjangan ekonomi karena produk bioteknologi yang pada umumnya dimiliki oleh pemilik modal dapat meningkatkan produksi hingga 50 %.
  3. Produk bioteknologi hasil modifikasi genetika suatu organisme dapat menyingkirkan plasma nutfah, yaitu suatu jenis makhluk hidup yang masih memiliki sifat asli.

Dampak Penerapan Bioteknologi Bidang Etika / Moral
  1. Menyisipkan gen makhluk hidup pada makhluk hidup lain yang tidak berkerabat dianggap sebagai pelanggaran terhadap hukum alam dan sulit diterima masyarakat
  2. Penyisipan gen babi ke dalam buah semangka dapat membawa konsekuensi bagi penganut agama tertentu.
  3. Pemberian hak paten atas organisme transgenik bertentangan dengan banyak nilai-nilai budaya yang menghargai nilai intrinsik makhluk hidup karena pemberian hak paten pada organisme hasil rekayasa menyebabkan pemberian hak pribadi atas organisme yang bisa disalahgunakan.
  4. Kloning manusia saat ini masih dipertentangkan dan dianggap merusak nilai etika dan moral karena merusak embrio/janin manusia untuk alasan apapun dianggap tidak manusiawi
 
TRY AGAIN



1.Tumbuhan kunyit( Cucurma domestica), sedangkan tumbuhan temu putih di beri nama ilmiah (Cucurma zedoria). Ini berarti bahwa tumbuhan kunyit dan temu putih adalah….
A.genus berbeda, famili sama
B.genus sama, famili berbeda
C.genus sama, species berbeda
D.species sama, genus berbeda
E.species sama, famili berbeda

2.Perhatikan jenis-jenis hewan berikut !
1.Anoa
2.Burung cendrawasih
3.Harimau
4.Burung kasuari
5.Badak
6.Burung merak
Hewan tersebut merupakan hewan langka. Hewan yang memiliki nilai estetika adalah….
A.1, 2 dan 3
B.1. 3 dan 4
C.1, 3 dan 5
D.2, 4 dan 6
E.2, 5 dan 6

3.Berikut ini cirri-ciri hewan vertebrata.
1.Ovivar
2.Fertilisasi internal
3.Jantung beruang 3
4.vivipar
5.Fertilisasi eksternal
6.Jantung beruang 4
Ciri-ciri kelas amphibia adalah….
A.1, 3 dan 5
B.1, 2 dan 5
C.1, 3 dan 6
D.2, 3 dan 4
E.2, 4 dan 6

4.Suhu rata-rata dari permukaan bumi telah meningkat selama beberapa tahun terakhir. Hasil analisis lingkungan sebagai berikut:
1.penurunan permukaan air laut
2.atmosfir di selimuti gas karbondioksida
3.berkurangnya volume es di kutub
4.eutrofikasi sungai dan danau
5.volume ozon di atmosfir berkurang
6.terjadinya efek rumah kaca
Faktor yang berkaitan dengan peningkatan suhu permukaan bumi adalah….
A.1, 2 dan 3
B.1, 2 dan 4
C.2, 3 dan 6
D.2, 4 dan 6
E.2, 5 dan 6

5.Berikut ini pernyataan tentang transportasi zat yang terdapat di dalam sel :
1.air berpindah daerah yang berkonsentrasi tinggi ke rendah
2.air berpindah dari daerah yang berkonsentrasi rendah ke tinggi
3.memerlukan energi berupa ATP
4.menggunakan protein karier sebagai pengangkut
5.perpindahan air melalui mebran semi permiabel
6.menjaga  keseimbangan konsentrasi larutan di dalam dan luar sel
Pernyataan yang benar tentang osmosis adalah ……..
A.1, 2 dan 3
B.1, 2 dan 5
C.2, 3 dan 4
D.2, 4 dan 6
E.2, 5 dan 6

6.Berikut ini ciri-ciri otot:
1.berbentuk gelendong berinti satu
2.melekat pada rangka
3.kontraksi lambat, tidak mudah lelah
4.kontraksi cepat, mudah lelah
5.bercabang dan berinti banyak di tengah
6. termasuk otot volunteer
Ciri-ciri otot lurik adalah….
A.1, 2 dan 3
B.1, 2 dan 4
C.2, 4 dan 6
D.2, 5 dan 6
E.4, 5 dan 6

7.Di bawah ini nama-nama organ yang menyusun sistem pernapasan manusia
1.bronkus
2.alveolus
3.bronkiolus
4.trakea
5.rongga hidung
Urutan yang benar jalannya udara pernapasan pada sistem pernapasan tersebut adalah ….
A.5 – 4 – 3 – 2 – 1
B.5 – 4 – 3 – 1 – 2
C.5 – 2 – 4 – 3 – 1
D.5 – 3 – 4 – 2 – 1
E.5 – 4 – 1 – 3 – 2

8.Karakteristik suatu enzim  terhadap subtrat sebagai berikut
1.sisi aktif enzim bersifat statis
2.sisi aktif enzim bersifat fleksibel
3.sisi aktif enzim mempunyai bentuk yang sama dengan subtrat
4.sisi aktif enzim  berubah sesuai dengan bentuk subtract
Karakter enzim yang sesuai dengan teori luck and key adalah
A.1 dan 2
B.1 dan 3
C.2 dan 3
D.2 dan 4
E.3 dan 4

9.Berikut ini adalah tahapan  yang terjadi pada fotosintesis
1.fiksasi CO2
2.sensibilitas klorofil
3.reaksi reduksi
4.fotolisis H2O
5.fosporilasi electron
Tahapan yang termasuk pada reaksi terang adalah….
A.1-2-3
B.1-3-4
C.2-3-4
D.2-4-5
E.1-4-5

10.Tentukan jumlah dan macam dari gamet berikut ini, KKMmNn….
A.4 dan KMN, KmN, KMn, Kmn
B.4 dan KMN, KmN, KMn, KmN
C.4 dan KMN, kmN, KMn, Kmn
D.4 dan KMN, kmN, KMn, kmn
E.4 dan kMN, kmN, KMn, Kmn

11.Jika H (hitam) epistasis terhadap K (kuning), maka hasil persilangan dari kulit biji hitam dengan kulit biji kuning yang galur murni ,ratio fenotip turunannya adalah….
A.hitam : kuning :putih = 1 : 1 : 1
B.hitam : kuning = 1 : 1
C.semua kuning
D.semua hitam
E.semua putih

12Perhatikan data  berikut !
1.Tangan manusia
2.Sayap belalang
3.Sayap kupu-kupu
4.Kaki depan kuda
5.Sayap burung
6.Kaki depan katak
Berdasarkan data, pasangan organ homolog adalah adalah….
A. 1 dan 5
B. 3 dan 5
C. 2 dan 4
D. 2 dan 6
E. 3 dan 6

13. Diketahui suatu daerah terdapat laki-laki penderita butawarna 4%, jumlah penduduk seluruhnya 10000 maka jumlah wanita buta warna….
A.40 orang
B.25 orang
C.16 orang
D.10 orang
E.4 orang

14.Perhatikan data berikut
1.hormon insulin
2.vaksin hepatitis
3.nata de coco
4.antibiotik
5.yogurt
ari data, yang merupakan pasangan bioteknologi konvensional adalah ….
A.4 dan 5
B.4 dan 3
C.3 dan 5
D.2 dan 4
E.1 dan 2

15.Bioteknologi tidak selalu mendatangkan keuntungan bagi manusia, berikut kerugian dari bioteknologi adalah….
A.produk sesuai dengan yang diinginkan
B.memerlukan waktu yang singkat
C.menggunakan biaya yang sedikit
D.berkurangnya keanekaragaman hayati
E.memerlukan area tidak luas

16.Untuk memperoleh antibodi monoklonal dalam skala besar dalam bioteknologi modern adalah dengan teknik hibridoma. Teknik ini dilakukan dengan cara meleburkan kedua sel yang berbeda yaitu sel ….
A.  kanker dan limfosit
B.  kanker dan bakteri
C. bakteri dan sel limfosit
D. embrional dan kanker
E. gamet dan eritrosit

 

Support web ini

BEST ARTIKEL